Peningkatan Keterampilan Menulis deskripsi melalui Model Induktif Kata Bergambar dengan Teknik Penyusunan Kalimat Yang Sudah Tersedia pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tunggorono Kabupaten Purworejo


Singkir. Prihatin, , 2101407051 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis deskripsi melalui Model Induktif Kata Bergambar dengan Teknik Penyusunan Kalimat Yang Sudah Tersedia pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tunggorono Kabupaten Purworejo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis deskripsi melalui Model Induktif Kata Bergambar dengan Teknik Penyusunan Kalimat Yang Sudah Tersedia pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tunggorono Kabupaten Purworejo] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis deskripsi melalui Model Induktif Kata Bergambar dengan Teknik Penyusunan Kalimat Yang Sudah Tersedia pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tunggorono Kabupaten Purworejo) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Keterampilan siswa kelas IV SD Negeri Tunggorono dalam menulis deskripsi masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prasiklus yaitu sebesar 50,73. Penyebab nilai rata-rata siswa yang masih rendah yaitu kurangnya intensitas dalam latihan, sehingga siswa kurang terampil dalam menulis. Selain itu, pembelajaran menulis deskripsi yang selama ini dilaksanakan masih bersifat konvensional. Masalah penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis deskripsi dan perubahan perilaku pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggorono Kabupaten Purworejo setelah dilakukan pembelajaran menulis deskripsi menggunakan model induktif kata bergambar dengan teknik penyusunan kalimat yang sudah tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang peningkatan keterampilan menulis deskripsi dan perubahan perilaku pada siswa kelas IV SD Negeri Tunggorono. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri Tunggorono Kabupaten Purworejo. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis deskripsi. Keterampilan menulis deskripsi meningkat sebanyak 11,04. Peningkatan ini terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 68,26 menjadi 79,30 pada siklus II. Selain itu, perubahan perilaku siswa dalam penelitian ini lebih antusias dan semangat dalam menulis deskripsi karena siswa dapat menuangkan ide dan kreativitasnya ke dalam sebuah karangan. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyampaikan saran kepada guru bahasa Indonesia sebaiknya dalam proses pembelajaran menulis deskripsi tahap pemula menggunakan model induktif kata bergambar dengan teknik penyusunan kalimat yang sudah tersedia supaya pembelajaran siswa lebih kreatif sehingga dapat membantu siswa menemukan ide.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis deskripsi, model induktif kata bergambar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2012 06:44
Last Modified: 15 Oct 2012 06:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15892

Actions (login required)

View Item View Item