Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012


Retno Ambaryanti, , 1601408006 (2012) Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Hubungan Intensitas Pendampingan Belajar Orang Tua dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa di Ra Al-Islam Mangunsari 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak. Setiap orang tua menginginkan putra-putri mereka dapat meraih prestasi, baikyang bersifat akademis maupunnon-akademis. Perbedaan kualitas hasil belajar anak dapat dipengaruhi oleh faktor internal maupun eksternal anak. Salah satu faktor eksternaltersebut adalah pendampingan belajar oleh orang tua. Joan Beck (dalam Yusniyah, 2008:3) mengungkapkan, banyak proyek riset jangka lama menunjukkan bahwa intelegensi anak akan berkembang ke tingkat yang lebih tinggi, bila sikapdi rumah terhadap anakhangat dan demokratis bukan dingin dan otoriter. Sedangkan menurut hasil penelitian Colemen (2000, dalam Ilyas, 2004:21) orang tua merupakan faktor paling berpengaruh terhadap perilaku sosial dan prestasi belajar anak dan status pekerjaan anak dikemudian hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa RA Al-Islam Mangunsari 02 tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 110 siswa. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan purposive sampling,yaitu siswa kelas B berjumlah 56 orang, 27laki-laki dan 29 perempuan. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner (angket), dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif persentase,uji normalitas data, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh ialah (1) terdapat hubungan antara intensitas pendampingan belajar orang tua dengan kualitas hasil belajar. Hasil penelitian tersebut telah diuji melalui uji t bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima dan merupakan korelasi yang positif antara variabel X dan variabel Y, (2) berdasarkan analisis deskriptif persentase didapatkan data bahwa pendampingan belajar orang tua sebesar 69,64% dalam kriteria sangat baik, sebesar 30,36% dalam kriteria baik. Analisis deskriptif persentase kualitas hasil belajar siswa sebesar 87,50% dalam kriteria baik, sebesar 12,50% dalam kriteria cukup baik, (3) terdapat perbedaan kualitas hasil belajar anak bila dilihat dari usia orang tua mereka. Mengacu pada hasil tersebut, peneliti merekomendasikan kepada orang tua lebih meningkatkan pendampingan belajar kepada anak agar anak lebih semangat dan berprestasi. Karena pendampingan belajar orang tua mempunyai pengaruh yang besar dalam hasil belajar siswa. Sebaiknya orang tua dan guru menjalin kerjasama dan komunikasiyang baik untuk membantu meningkatkan perkembangan anak dan keselarasan dalam mendidik anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2012 02:40
Last Modified: 15 Oct 2012 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15888

Actions (login required)

View Item View Item