Kecenderungan Depresi Postpartum Ditinjau dari Status Ekonomi Di Kabupaten Banjarnegara.


Eka Widiastuti, , 1550408075 (2012) Kecenderungan Depresi Postpartum Ditinjau dari Status Ekonomi Di Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kecenderungan Depresi Postpartum Ditinjau dari Status Ekonomi Di Kabupaten Banjarnegara.] Microsoft Word (Kecenderungan Depresi Postpartum Ditinjau dari Status Ekonomi Di Kabupaten Banjarnegara.) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Kecenderungan depresi postpartum adalah kecenderungan gangguan suasana hati pada ibu setelah melahirkan yang terjadi dalam satu minggu setelah melahirkan dan bisa berlanjut selama setahun, yang ditandai dengan adanya labilitas perasaan, kecemasan, perasaan bersalah dan keinginan bunuh diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) gambaran kecenderungan depresi postpartum yang ditinjau dari status ekonomi (bawah, menengah dan atas). 2) ada tidaknya perbedaan kecenderungan depresi postpartum pada wanita yang berasal dari status ekonomi bawah, menengah dan atas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 90 ibu pasca persalinan di Kabupaten Banjarnegara dengan ciri-ciri ibu yang melahirkan yang usia bayi tidak lebih dari satu tahun, antara 7 hari sampai 12 bulan. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Pengolahan data dilakukan dengan 2 tahap. Tahap pertama bertujuan untuk mengetahui gambaran deskriptif data penelitian sekaligus menjawab pertanyaan penelitian pertama. Tahap kedua, dilakukan uji hipotesis menggunakan teknik komparasi anova. Pengolahan data tahap pertama dan kedua dilakukan dengan bantuan software, pengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan depresi postpartum pada ibu yang berasal dari status ekonomi bawah (78,3667) lebih tinggi dibandingkan dengan ibu yang berasal dari status ekonomi menengah (62,8667) dan atas (52,9333). Hasil análisis varians diperoleh nilai F 295,671 dan Sig. 0,000 atau taraf signifikasi dibawah 0,05 untuk kecenderungan depresi postpartum dengan status ekonomi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kecenderungan depresi postpartum pada ibu yang berasal dari status ekonomi bawah, menengah dan atas, hal ini berarti semakin bawah status ekonomi maka semakin tinggi kecenderungan depresi postpartum, dan sebaliknya semakin atas status ekonomi maka semakin rendah kecenderungan depresi postpartum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Status Ekonomi, Kecenderungan, Depresi Postpartum
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
R Medicine > R Medicine (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2012 02:30
Last Modified: 15 Oct 2012 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15886

Actions (login required)

View Item View Item