Hubungan Adversity Quotient dan Komitmen terhadap Tugas pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang


Dini Widyaningsih, , 1550408035 (2012) Hubungan Adversity Quotient dan Komitmen terhadap Tugas pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan Adversity Quotient dan Komitmen terhadap Tugas pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang] Microsoft Word (Hubungan Adversity Quotient dan Komitmen terhadap Tugas pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi dan studi pendahuluan mengenai krisis komitmen terhadap tugas yang terjadi pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes). Gejalanya antara lain, kurangnya perhatian mahasiswa untuk belajar, kelalaian dalam mengerjakan tugas kuliah, menunda persiapan ujian, menunda pengerjaan tugas, keluhan malas belajar, serta kurangnya perhatian mahasiswa ketika kegiatan perkuliahan berlangsung. Hal ini menggambarkan keberadaan permasalahan tentang komitmen terhadap tugas pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adversity quotient dan komitmen terhadap tugas pada mahasiswa Unnes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini berjumlah 314 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Komitmen terhadap tugas diukur dengan menggunakan skala komitmen terhadap tugas. Skala komitmen terhadap tugas terdiri dari 60 aitem yang valid. Skala komitmen terhadap tugas mempunyai koefisien validitas atau daya beda dari 0,245 sampai dengan 0,671 dengan tingkat signifikansi dari 0,000 sampai dengan 0,044 (< α 0,05). Skala komitmen terhadap tugas mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,948. Sedangkan adversity quotient diukur dengan menggunakan skala adversity quotient. Skala adversity quotient terdiri dari 48 aitem yang valid. Skala adversity quotient mempunyai koefisien validitas atau daya beda dari 0,280 sampai dengan 0,752 dengan tingkat signifikansi dari 0,000 sampai dengan 0,021 (< α 0,05). Skala adversity quotient mempunyai koefisien reliabilitas sebesar 0,947. Uji korelasi menggunakan teknik rank spearman dikarenakan data penelitian berdistribusi tidak normal yang dikerjakan dengan bantuan software program komputer. Hasil penelitian menunjukkan variabel komitmen terhadap tugas tergolong dalam kriteria tinggi. Demikian pula dengan variabel adversity quotient tergolong dalam kriteria tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara adversity quotient dan komitmen terhadap tugas. Korelasi antara adversity quotient dan komitmen terhadap tugas diperoleh koefisien r = 0,830 dengan signifikansi atau p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa adversity quotient dan komitmen terhadap tugas saling berhubungan. Dimana semakin tinggi adversity quotient maka semakin tinggi pula komitmen terhadap tugas, dan sebaliknya semakin rendah adversity quotient maka semakin rendah pula komitmen terhadap tugas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: adversity quotient, komitmen terhadap tugas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2012 02:27
Last Modified: 15 Oct 2012 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item