Faktor-Faktor yang Berkaitan dengan Kepatuhan Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 dalam Menjalani Diet ( Studi Deskriptif pada Pasien Rawat Jalan RS Telogorejo Semarang )


Ayu Putri Ratnasari Sejati,, 1550408033 (2012) Faktor-Faktor yang Berkaitan dengan Kepatuhan Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 dalam Menjalani Diet ( Studi Deskriptif pada Pasien Rawat Jalan RS Telogorejo Semarang ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-Faktor yang Berkaitan dengan Kepatuhan Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 dalam Menjalani Diet ( Studi Deskriptif pada Pasien Rawat Jalan RS Telogorejo Semarang )] Microsoft Word (Faktor-Faktor yang Berkaitan dengan Kepatuhan Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 dalam Menjalani Diet ( Studi Deskriptif pada Pasien Rawat Jalan RS Telogorejo Semarang )) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Diabetes Mellitus ( DM ) merupakan penyakit degeneratif yang memiliki jumlah pertumbuhan penderitanya tiap tahun yang makin meningkat, dan mayoritas merupakan DM Tipe 2. Salah satu penatalaksanaan pengobatan non farmakologis berupa diet diabetes erat kaitannya dengan perilaku kepatuhan. Kepatuhan penderita DM Tipe 2 dalam melaksanakan diet dapat dikatakan rendah. Berbagai faktor dikaitkan dengan perilaku kepatuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran secara deskriptif mengenai faktor-faktor yang berkaitan dengan kepatuhan penderita DM Tipe 2 dalam menjalani diet, dengan menggunakan kuesioner. Subjek penelitian adalah penderita DM Tipe 2 yang sedang menjalani rawat jalan di RS Telogorejo Semarang sebanyak 60 subjek. Analisis prosentase dianalisis dengan SPSS Versi 17. Hasil analisis prosentase menunjukkan bahwa subjek atau penderita diabetes mellitus yang patuh pada diet diabetes adalah subjek yang memiliki faktor-faktor berikut dengan kategori tinggi, yaitu faktor persepsi dan pengharapan pasien, faktor ciri kesakitan dan ciri pengobatan, faktor komunikasi dokter-pasien, faktor variabel sosial dan faktor ciri individu. Ciri individu yang patuh pada diet diabetes adalah subjek dengan lama menderita diatas enam tahun, berusia diatas 50 tahun, berjenis kelamin perempuan dengan tingkat pendidikan sarjana. Subjek atau penderita diabetes mellitus yang tidak patuh pada diet diabetes adalah subjek yang memiliki faktor-faktor berikut dengan kategori rendah, yaitu faktor ciri individu, faktor persepsi dan pengharapan pasien, faktor variabel sosial, faktor komunikasi dokter-pasien, dan faktor ciri kesakitan dan ciri pengobatan. Ciri individu yang tidak patuh pada diet diabetes adalah subjek dengan lama menderita diatas enam tahun, berusia diatas 50 tahun, berjenis kelamin perempuan dengan tingkat pendidikan SMA dan sarjana. Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi kepada pasien diabetes mengenai faktor yang berkaitan dengan perilaku kepatuhan, sehingga dapat memaksimalkan kepatuhan yang harus dijalani dalam upaya pengobatan baik farmakologis maupun non farmakologis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kepatuhan, diet diabetes, DM Tipe 2
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
R Medicine > R Medicine (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2012 02:15
Last Modified: 15 Oct 2012 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15884

Actions (login required)

View Item View Item