Evaluasi terhadap Pelatihan Desain Grafis dengan 3D Max Studio untuk guru TIK SMA dan SMK se-Kota Semarang


Urip Muhayat Wiji Wahyudi,, 1102408030 (2012) Evaluasi terhadap Pelatihan Desain Grafis dengan 3D Max Studio untuk guru TIK SMA dan SMK se-Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Evaluasi terhadap Pelatihan Desain Grafis dengan 3D Max Studio untuk guru TIK SMA dan SMK  se-Kota  Semarang ] Microsoft Word (Evaluasi terhadap Pelatihan Desain Grafis dengan 3D Max Studio untuk guru TIK SMA dan SMK se-Kota Semarang ) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pelatihan merupakan pembelajaran yang dipersiapkan agar pelaksanaan pekerjaan sekarang meningkat (kinerjanya) yang membutuhkan manajemen pelatihan meliputi planning, organizing,actuiting,controlling serta evaluating. Evaluasi pelatihan merupakan pengumpulan informasi untuk menge¬tahui dan memutuskan cara yang efektif dalam menggunakan sumber sumber latihan yang terse¬dia guna mencapai tujuan pelatihan. Sebagai pilot project guru-guru di Jawa Tengah banyak mengikuti berbagai pelatihan TIK akan tetapi pada ranah realitas, banyak guru TIK yang masih belum menguasai materi pelatihan tersebut. Perlu dilakukan evaluasi program pelatihan desain grafis dengan 3D Max studiountuk Guru TIK SMA dan SMK se-Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan program Pelatihan Desain Grafis dengan 3D Max Studiountuk Guru TIK SMA dan SMK se-Kota Semarang di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, mengetahui kepuasan peserta dalam mengikuti peroses dilaksanakannya pelatihan desain grafis dan mendeskripsikan bagaimana tanggapan kualitas produk media desain grafis yang dihasilkan. Metode penelitian menggunakan menggunakan metode studi evaluatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan pada 15 peserta pelatihan yang berasal dari guru TIK SMA dan SMK se-Kota Semarang baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskriptif prosentase. Hasil penelitian berupa evalausi pelatihan menggnakan model evaluasi CIRO (Context, Input, Reaction,Outcome). Hasil evaluasi terhadap context dari proses pelatihan menunjukkan kategori baik dikarenakan mayoritas tujuan peserta mengikuti pelatihan telah tercapai. Evaluasi input meliputi fasilitas,anggaran,SDM menunjukkan kategori. Kepuasan peserta pelatihan atau reactionmenunjukan hasil sangat baik. Outcome memenuhi standar untuk tahap pemula / awal , akan tetapi kualitas sangat bagus belum bisa terpenuhi. Dengan demikian evaluasi pelatihan menggunakan model CIRO menyatakan bahwa pelatihan design grafis dengan 3D Max Studio dalam kategori baik. Perlu dialkukan pelatihan lanjutan sebagai tindak lanjut suatu program pelatihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Pelatihan Design Grafis 3D Max, Guru TIK SMA dan SMK
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 08 Oct 2012 01:03
Last Modified: 08 Oct 2012 01:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15827

Actions (login required)

View Item View Item