KECERDASAN EMOSIONAL PADA KEPALA SEKOLAH YANG MEMILIKI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DI KABUPATEN PEMALANG (Studi Deskriptif pada Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pemalang Tahun 2009)
Mita Rahmayanti Ariva , 1550404023 (2010) KECERDASAN EMOSIONAL PADA KEPALA SEKOLAH YANG MEMILIKI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DI KABUPATEN PEMALANG (Studi Deskriptif pada Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pemalang Tahun 2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (KECERDASAN EMOSIONAL PADA KEPALA SEKOLAH YANG MEMILIKI GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS DI KABUPATEN PEMALANG (Studi Deskriptif pada Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pemalang Tahun 2009))
- Published Version
Download (836kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya krisis kepemimpinan khususnya pada jabatan Kepala Sekolah. Kepala Sekolah dengan kecerdasan emosional yang memadai hendaknya mampu menerapkan gaya kepemimpinan dimana kepala sekolah dapat berlaku fleksibel, objektif serta positif dalam menghadapai berbagai masalah dan ciri kepemimpinan yang demikian terdapat pada gaya kepemimpinan demokratis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana gambaran kecerdasan emosional pada kepala sekolah yang memiliki gaya kepemimpinan demokratis di Kabupaten Pemalang? Metode Penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kecerdasan emosional sebanyak 45 item. Teknik uji validitass dengan menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus alpha cronbach. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa terdapat 45 item yang valid dan 5 item yang tidak valid sedangkan uji reliabilitas menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan mempunyai indeks reliabilitas sebesar 0,95. Seluruh data diolah dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 12.0 for windows.Analisis data dilakukan dengan metode statistik deskriptif dengan menggunakan tabel dan diagram. Hasil analisis data menunjukkan kecerdasan emosional kepala sekolah yang memiliki gaya kepemimpinan demokratis di Kabupaten Pemalang 20,83% pada tingkat yang sedang, 45,83% pada tingkat yang tinggi dan 33,33% pada tingkat yang sangat tinggi. Simpulan penelitian ini adalah sebagian besar kepala sekolah dengan gaya kepemimpinan demokratis memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Penulis memberikan saran bagi kepala sekolah untuk senantiasa mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan keterampilan emosionalnya secara baik agar dapat membawa organisasi kepada visi dan misi yang telah ditetapkan, bagi pengelola organisasi (khususnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga) untuk lebih mempertimbangkan faktor-faktor kecerdasan emosional dalam proses seleksi dan promosi jabatan kepemimpinan, dan bagi peneliti selanjutnya untuk memperbanyak sampel, mempertimbangkan variabel-variabel lain dan melakukan pengawasan yang lebih ketat pada saat responden mengisi skala penelitian agar tidak terjadi saling contek jawaban antar responden.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Gaya kepemimpinan Demokratis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 15 Apr 2011 06:55 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1576 |
Actions (login required)
View Item |