Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together ( Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor Siswa Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012)


Latifah Nurul Hidayah,, 7101408274 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together ( Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor Siswa Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together ( Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor Siswa Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012)] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together ( Studi Kasus pada Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor Siswa Kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Pemalang Tahun Ajaran 2011/2012)) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SMK Negeri 1 Pemalang, diketahui bahwa mata diklat yang sulit bagi siswa adalah mata diklat Mengelola Peralatan Kantor. Mata diklat tersebut merupakan mata diklat di kelas X jurusan Administrasi perkantoran. Kompetensi dasar dalam mata diklat tersebut yang masih dianggap sulit oleh siswa adalah Kompetensi dasar Menggunakan Peralatan Kantor. yang Kesulitan siswa dapat dilihat dari hasil belajarnya yang belum tuntas pada mata diklat tersebut. Salah satu faktor penyebab kesulitan siswa dalam belajar adalah kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Berdasarkan fakta di atas maka dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui penggunaan model pembelajaran NHT. Model pembelajaran NHT sebagai salah satu model pembelajaran yang memperhatikan kesiapan siswa melalui pemberian tugas yang dikerjakan bersama dalam kelompok serta melatih siswa untuk bekerjasama dan belajar aktif dalam menyelesaikan dan mempertanggungjawabkan tugas. Penerapan model pembelajaran NHT diharapkan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AP 1 SMK Negeri 1 Pemalang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar. Siklus I menunjukan hasil penelitian yaitu rata-rata hasil belajar siswa 70,75 dengan ketuntasan klasikal 67,5% , keaktifan siswa 70,48%, kinerja guru 73,33%. Hasil tersebut menunjukan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar setelah diterapkannya NHT. Peningkatan tersebut belum dapat dikatakan tuntas karena ketuntasan klasikal hasil belajar siswa belum mencapai 75%, sehingga dilaksanakan perbaikan penelitian pada siklus II. Penelitian siklus II menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,13 dengan kriteria ketuntasan klasikal 85%, keaktifan siswa 79,52% dan kinerja guru 80,83%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran mata diklat Mengelola peralatan kantor kompetensi dasar Menggunakan Peralatan kantor dengan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan hasil belajar, sehingga disarankan kepada guru agar mengggunakan model pembelajaran NHT dalam pembelajaran mata diklat Mengelola Peralatan kantor untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, NHT, Hasil Belajar, Menggunakan Peralatan Kantor
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Oct 2012 00:50
Last Modified: 02 Oct 2012 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15754

Actions (login required)

View Item View Item