Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick dan Make a Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi Materi Permintaan Penawaran Dan Terbentuknya Harga Pasar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Bae Kabupaten Kudus


Erliana Eva Rochmi, 7101408220 (2012) Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick dan Make a Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi Materi Permintaan Penawaran Dan Terbentuknya Harga Pasar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Bae Kabupaten Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick dan Make a Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi Materi Permintaan Penawaran Dan Terbentuknya Harga Pasar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Bae Kabupaten Kudus] Microsoft Word (Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick dan Make a Macth Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Ekonomi Materi Permintaan Penawaran Dan Terbentuknya Harga Pasar Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Bae Kabupaten Kudus) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Hasil belajar ekonomi di SMP Negeri 1 Bae masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah siswa yang masih berada di bawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam hal ini proses pembelajaran masih berpusat penuh pada penjelasan guru. Aktivitas siswa masih belum terlalu banyak diberdayakan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick (2) bagaimanakah penerapan metode pembelajaran Make a Match, (3) manakah yang lebih efektif antara penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan metode Make a Match. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bae yang berjumlah 254. Sampel diambil secara acak dan diperoleh kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan VIII D sebagai kelompok kontrol. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas metode pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan metode Make a Match sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi dan tes. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata- rata hasil pre test kelompok ekperimen 70,44 dan kelompok kontrol 69,28. Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelas yang diambil sebagai sampel berasal dari titik yang sama sebelum penelitian yaitu dibawah standar nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 7,5. Berdasarkan hasil post test diketahui nilai rata- rata dari kelompok eksperimen 79,22 dan kelompok kontrol 73,25 dimana dari perhitungan diperoleh t hitung = 4,881 dan t tabel =2,033 sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih efektif bila dibandingkan dengan metode Make a Match.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Model Pembelajaran Make a Match.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Oct 2012 00:45
Last Modified: 02 Oct 2012 00:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15752

Actions (login required)

View Item View Item