Peningkatan Hasil Belajar bola voli Melalui bola Serbaguna bagi siswa kelas IV SD Negeri Toso 01 Kec. Bandar Kab. Batang Tahun Pelajaran 2011/2012


Gunawan Tri Wibowo, 6102910248 (2012) Peningkatan Hasil Belajar bola voli Melalui bola Serbaguna bagi siswa kelas IV SD Negeri Toso 01 Kec. Bandar Kab. Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Hasil Belajar bola voli Melalui bola Serbaguna bagi siswa kelas IV SD Negeri Toso 01 Kec. Bandar Kab. Batang Tahun Pelajaran 2011/2012] Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar bola voli Melalui bola Serbaguna bagi siswa kelas IV SD Negeri Toso 01 Kec. Bandar Kab. Batang Tahun Pelajaran 2011/2012) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar bola voli dengan menggunakan alat bantu pembelajaran bola serba guna pada siswa kelas IV SD Negeri Toso 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Sedangkan Permasalahan Skripsi ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar bola voli menggunakan bola serbaguna pada siswa kelas IV SD Negeri Toso 01 Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan dalam 2 siklus dan terdiri dari empat tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Toso 01Kecamatan Bandar Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 44 siswa yang terdiri dari 23 Siswa Laki-laki dan 21 Siswa perempuan. Instrumen penelitian menggunakan dokumentasi, kuesioner atau angket, dan lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa peningkatan hasil belajar bola voli melalui bola serbaguna mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hasil belajar kognitif silkus I diperoleh nilai rata-rata 73,86 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 50 % Pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,23 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 88,63 % Hasil belajar Afektif silkus I diperoleh nilai rata-rata 73,86 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 61,36 % Pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,77 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 93,18 % Hasil belajar Psikomotor silkus I diperoleh nilai rata-rata 62,84 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 18,18 % Pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata 77,38 dengan ketuntasan belajar yang dicapai 88,36 % Berdasarkan hasil dari kedua siklus dapat disimpulkan bahwa penggunaan bola serbaguna dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran bola voli. Kreatifitas guru penjasorkes dituntut agar tujuan pembelajaran penjasorkes tercapai. Penggunanan media alat bantu pembelajaran perlu diterapkan dalam pembelajaran penjasorkes yang lain, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Guru Penjasorkes diharapkan melakukan inovasi pembelajaran yang baru, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjasorkes, mengingat minimnya peralatan yang dimiliki oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bola Serbaguna, PTK, Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2012 07:55
Last Modified: 01 Oct 2012 07:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15733

Actions (login required)

View Item View Item