Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lari Gawang Kids Athletic Melalui Pemanfaatan Kardus Bekas bagi Siswa Kelas V SD Negeri Bawang 03 Tahun Pelajaran 2011/2012.


Muhamad Yahya, 6102910140 (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lari Gawang Kids Athletic Melalui Pemanfaatan Kardus Bekas bagi Siswa Kelas V SD Negeri Bawang 03 Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lari Gawang Kids Athletic Melalui Pemanfaatan Kardus Bekas bagi Siswa Kelas V SD Negeri Bawang 03 Tahun Pelajaran 2011/2012.] Microsoft Word (Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lari Gawang Kids Athletic Melalui Pemanfaatan Kardus Bekas bagi Siswa Kelas V SD Negeri Bawang 03 Tahun Pelajaran 2011/2012.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru di kelas adalah keterampilan lari gawang siswa kelas V SDN Bawang 03 yang masih rendah ditandai persentase anak yang mampu melakukan lari gawang kids athletic hanya 45,5%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran lari gawang kids athletic dengan memanfaatkan kardus bekas dapat meningkatkan keterampilan lari gawang kids athletic siswa kelas V SDN Bawang 03 tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap pratindakan, tahap siklus I dan tahap siklus II. Tindakan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2012 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Bawang 03 tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 22 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes praktik lari gawang, lembar observasi keaktifan siswa dalam pembelajaran, dan angket tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk mengungkap hasil ketuntasan belajar klasikal siswa. Hasil pretest menunjukkan bahwa hanya 45,5% siswa mampu melakukan lari gawang kids athletic dengan benar. Dengan menerapkan pembelajaran lari gawang memanfaatkan kardus bekas, hasil siklus I menunjukkan bahwa 72,73% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan keaktifan siswa selama pembelajaran mencapai 83% dan siswa merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 75%. Hasil siklus II menunjukkan bahwa 100% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan keaktifan siswa selama pembelajaran mencapai 88% dan siswa merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 85%. Karena persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa melampaui 80%, penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indikator keberhasilan. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran lari gawang dengan memanfaatkan kardus bekas dapat meningkatkan keterampilan lari gawang kids athletic siswa kelas V SDN Bawang 03 tahun pelajaran 2011/2012. Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu: (1) pemanfaatan kardus bekas dapat menjadi alternatif bagi guru penjasorkes untuk diterapkan pada materi lari gawang kids athletic, (2) guru hendaknya mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif, tidak terlalu lama bermain sehingga menyita waktu pelajaran, dan melakukan pendampingan selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lari gawang, kids athletic, pemanfaatan kardus bekas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2012 07:12
Last Modified: 01 Oct 2012 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15731

Actions (login required)

View Item View Item