Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru menggunakan modifikasi Alat Peraga Bola Pasir Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Besani Kecamatan Blado Tahun Pelajaran 2011 - 2012
Edi Pramono, 6102910132 (2012) Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru menggunakan modifikasi Alat Peraga Bola Pasir Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Besani Kecamatan Blado Tahun Pelajaran 2011 - 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Hasil Belajar Tolak Peluru menggunakan modifikasi Alat Peraga Bola Pasir Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Besani Kecamatan Blado Tahun Pelajaran 2011 - 2012)
- Published Version
Download (13kB) |
Abstract
Dengan melihat masalah yang sehubungan dengan sarana prasarana untuk cabang atletik tolak peluru yang tidak sesuai antara jumlah peluru dan jumlah siswa, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tehnik menolak pada tolak peluru melalui alat bantu bola plastik berisi pasir dalam rangka mengurangi rasa takut dan keterbatasan media peluru pada siswa kelas VI SD Negeri Besani Kec. Blado Tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Besani Kec.Blado Tahun 2011/2012 yang berjumlah 45 siswa.(20 siswa putra dan 25 siswa putri) tehnik pengumpulan data adalah observasi tes kemampuan,pemahaman dan penelitian hasil belajar. Tehnik tes kemampuan di gunakan untuk mendapatkan nilai unjuk kerja yang di tunjukan siswa pada, siklus I, siklus II dengan pengamatan terhadap sistematis dalam melakukan rangkaian gerakan tolak peluru dengan modifikasi permainan. Permainan atletik maksudnya materi pembelajaran atletik yang disajikan dalam nuansa permainan. Permainan atletik tidak berarti menghilangkan unsur keseriusan, mengabaikan unsur disiplin dan menghilangkan substansi pokok-pokok materi atletik, Nilai hasil belajar siswa di rata-rata untuk di temukan keberhasilan individu dan keberhasilan klasikal sesuai dengan target yang telah di tetapkan. Pada akhirnya di buat deskripsi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan di tandai semakin meningkatnya keterampilan siswa melakukan tolak peluru tanpa adanya perasaan rasa takut. Ketumtasan klasikal pada siklus I mencapai 75.55%, pada siklus II terjadi penigkatan menjadi 86.5%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas yang di laksanakan penulis pada siswa kelas VI SD Negeri Besani Kecamatan Blado dapat di simpulkan bahwa melalui media bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar tehnik menolak pada tolak peluru bagi siswa kelas VI SD Negeri Besani Kecamatan Blado Tahun Pelajaran 2011/2012. Sehubungan dengan keterangan diatas, peneliti menyarankan kepada seluruh anggota sekolah untuk lebih mengerti apa maksud dari PAIKEM dengan memodifikasi alat peraga.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Tolak Peluru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 07:09 |
Last Modified: | 01 Oct 2012 07:09 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15729 |
Actions (login required)
View Item |