Upaya Peningkatan Kemampuan Pasing Atas pada Permainan Bola Voli Mini dengan Menggunakan Bantuan Teman Sepermainan pada Siswa Kelas IV SDN 1 Gebang Kecamatan Gemuh Tahun Pelajaran 2011/2012
Sulistyarso, 6102910017 (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Pasing Atas pada Permainan Bola Voli Mini dengan Menggunakan Bantuan Teman Sepermainan pada Siswa Kelas IV SDN 1 Gebang Kecamatan Gemuh Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (. Upaya Peningkatan Kemampuan Pasing Atas pada Permainan Bola Voli Mini dengan Menggunakan Bantuan Teman Sepermainan pada Siswa Kelas IV SDN 1 Gebang Kecamatan Gemuh Tahun Pelajaran 2011/2012)
- Published Version
Download (12kB) |
Abstract
Dalam permainan bola voli di kelas IV SDN 1 Gebang permasalahan yang sering dihadapi oleh guru di kelas adalah kemampuan pasing atas siswa yang masih kurang menguasai. Hal ini ditandai persentase siswa yang mampu melakukan pasing atas dengan benar hanya 35%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bantuan teman sepermainan dalam pembelajaran bola voli dapat meningkatkan kemampuan pasing atas siswa kelas IV SDN 1 Gebang tahun pembelajaran 2011/2012 Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari: tahap pratindakan, tahap siklus I, dan tahap Siklus II. Dalam tiap siklus tindakan yang dilakukan adalah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pelaksanaan penelitian ini adalah pada bulan Mei sampai dengan Juni 2012 dengan menggunakan siswa kelas IV SDN 1 Gebang tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 20 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes praktik pasing atas, lembar observasi aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran, dan angket pelaksanaan pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengukur hasil ketuntasan belajar klasikal siswa Pretest yang dilakukan memberikan hasil bahwa hanya 35% siswa yang mampu melakukan pasing atas dengan benar. Dengan menggunakan pendekatan bantuan teman sepermainan, siklus I memberikan hasil 60% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan persentase keaktifan 89,67% dan merespon positif pembelajran melalui angket sebesar 73%. Siklus II memberikan hasil 85% siswa mencapai ketuntasan belajar, dengan persentase keaktifan 93,33% dan merespon positif pembelajaran melalui angket sebesar 79,33%. Karena persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa melampui 80%, jadi penelitian tindakan kelas yang dilakukan mencapai indikator keberhasilan. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pembelajaran penjasorkes materi pasing atas bola voli dengan menggunakan bantuan teman sepermainan dapat meningkatkan kemampuan pasing atas siswa kelas IV SDN 1 Gebang tahun pembelajaran 2011/2012. Saran dari peneliti adalah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hendaknya guru mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pasing atas, bola voli mini, bantuan teman sepermainan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Oct 2012 07:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2012 07:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15725 |
Actions (login required)
View Item |