Pengembangan Electric Torso pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah untuk SMP.


Karunia GalihPermadani, , 4401408083 (2012) Pengembangan Electric Torso pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah untuk SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Electric Torso pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah untuk SMP.] Microsoft Word (Pengembangan Electric Torso pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah untuk SMP.) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di beberapa SMP di kabupaten Temanggung, ketersediaan alat peraga sangat menunjuang proses pembelajaran. Namun karena adanya keterbatasan jumlah, variasi, dan kelengkapan alat peraga yang dimiliki, pembelajaran belum bisa terlaksana dengan maksimal. Hal ini dikarenakan ada materi yang tidak dapat diamati secara langsung karena terjadi dalam tubuh dan belum ada alat peraga yang dapat memvisualisasikannya. Hal ini berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa yang tidak optimal. Sehingga diperlukan pengembangan alat peraga yang dapat memvisualisasikan materi abstrak dan dapat meningkatkan motivasi siswa. Electric Torso dirancang sebagai alat peraga tiga dimensi yang dapat memperagakan proses peredaran darah manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan Electric Torso, dan menguji kelayakan dari pakar serta efektifitas dalam penerapannya di pembelajaran. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D). Keefektifan Electric Torso diuji menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk One Shot Case Study yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kandangan. Uji coba Electric Torso pada pembelajaran menggunakan metode Student Facilitator and Explaining. Subjek penelitian ditentukan dengan Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electric Torso yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran karena dari pakar materi memberi nilai 100% dan pakar media memberikan nilai 83,33%. Hasil penerapan penggunaan Electric Torso pada pembelajaran dinilai efektif diterapkan dengan metode Student Facilitator And Explaining. Hal ini karena penggunaan alat peraga oleh siswa sangat berperan dalam proses perolehan informasi dan proses pemahamannya. Tanggapan siswa terhadap Electric Torso pada uji coba awal menunjukkan bahwa Electric Torso layak diterapkan karena memenuhi kriteria sangat tinggi, pada uji skala luas hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥ 75% dan ketuntasan individual ≥ 73serta motivasi siswa memenuhi kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Electric Torso yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh pakar dan efektif diterapkan dalam pembelajaran di kelas dipadukan dengan metode Student Facilitator And Explaining.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Electric Torso, Metode Student Facilitator and Explaining, Pengembangan, Sistem Peredaran Darah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QM Human anatomy
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2012 02:59
Last Modified: 01 Oct 2012 02:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15672

Actions (login required)

View Item View Item