Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem


Kartika. Santiningtyas, , 4401408002 (2012) Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem] Microsoft Word (Pengaruh Outdoor Learning Berbasis Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ekosistem) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Outdoor Learning berbasis inkuiri memberikan pengalaman nyata bagi siswa sehingga pembelajaran lebih bermakna dan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Outdoor Learning berbasis inkuiri terhadap hasil belajar siswa materi ekosistem. Design penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain Pre and Post-test Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Selopampang yang terdiri dari tiga kelas yakni VII A sampai dengan VII C. Pengambilan sampling menggunakan teknik convenience sampling. Sampel yang diperoleh adalah kelas VII A yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok eksperimen dan VII B yang berjumlah 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan berupa data tingkat keterlaksanaan aktivitas inkuiri siswa dalam Outdoor Learning yang diperoleh melalui angket. Data hasil belajar ranah kognitif dikumpulkan dari tes materi ekosistem, hasil belajar ranah psikomotorik diperoleh melalui lembar observasi dan hasil belajar ranah afektif diperoleh dari skala psikologi tentang peduli lingkungan. Data dianalisis secara kuantitatif dan dianalisis dengan uji t dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa aktivitas inkuiri siswa dalam Outdoor Learning tergolong tinggi (90,33%). Hasil regresi linier sederhana menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas inkuiri siswa dalam Outdoor Learning terhadap hasil belajar ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. (nilai sig.<0.05; r^2=0,574 hasil belajar ranah kognitif, nilai sig.<0.05; r^2=0,625 hasil belajar ranah psikomotorik, nilai sig.<0.05; r^2=0,51 hasil belajar ranah afektif). Simpulan penelitian ini adalah Outdoor Learning berbasis inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Outdoor Learning Berbasis Inkuiri, Hasil Belajar, Ekosistem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Oct 2012 02:52
Last Modified: 01 Oct 2012 02:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15669

Actions (login required)

View Item View Item