Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Silabus yang digunakan di SMA/SMK se-Pekalongan


Winda Indriyani, 2302408016 (2012) Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Silabus yang digunakan di SMA/SMK se-Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Silabus yang digunakan di SMA/SMK se-Pekalongan] Microsoft Word (Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Silabus yang digunakan di SMA/SMK se-Pekalongan) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas guru pengampu harus terlebih dahulu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP digunakan sebagai panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ditentukan dalam Silabus dari MGMP. Namun dalam kenyataannya banyak guru yang masih kesulitan dalam pembuatan RPP yang sesuai dengan silabus. Apa lagi bagi guru pengampu Bahasa Jepang di Pekalongan yang tidak memiliki MGMP sebagai wadah bagi para guru untuk berdiskusi. Untuk itu penulis mengadakan penelitian dengan judul “Analisis Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan Silabus yang digunakan di SMA/SMK se-Pekalongan.” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1)“Bagaimana isi RPP yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Jepang di SMA/SMK di Pekalongan”,2)“Bagaimana kesesuaian RPP yang disusun oleh guru pengampu Bahasa Jepang dengan silabus”, 3)“Bagaimana ketidaksesuaian RPP yang disusun oleh guru pengampu Bahasa Jepang dengan silabus” Tujuan penelitian ini adalah 1)“mengetahui isi RPP yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Jepang di SMA/SMK di Pekalongan”,2)“mengetahui kesesuaian RPP yang disusun oleh guru pengampu Bahasa Jepang dengan silabus”, 3)“menegtahui ketidaksesuaian RPP yang disusun oleh guru pengampu Bahasa Jepang dengan silabus” Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan sumber data SMA dan SMK yang memasukkan Bahasa Jepang dalan Kurikulumnya. Objek data dalam penelitian ini adalah RPP yang disusun guru pengampu tema 1 sampai 5. Berdasarkan penelitian, RPP yang disusun oleh guru pengampu Bahasa Jepang SMA dan SMK se-Pekalongan hampir semua komponennya lengkap. Kesesuaian silabus dan RPP paling banyak terdapat dalam komponen materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, alokasi waktu, penilaian, dan sumber belajar. Ketidaksesuaian silabus dan RPP paling banyak terdapat dalam komponen Standar kompetensi, Kompetensi Dasar, dan indikator.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesesuaian, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2012 00:32
Last Modified: 01 Oct 2012 00:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15663

Actions (login required)

View Item View Item