Penggunaan Media Hypertext Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Pembelajaran Biologi Pada Konsep Sel Makhluk Hidup Siswa Kelas XI Semester 1 SMA Negeri 1 Kradenan Kabupaten Grobogan


Ratria Sulistiowati , 4401404509 (2009) Penggunaan Media Hypertext Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Pembelajaran Biologi Pada Konsep Sel Makhluk Hidup Siswa Kelas XI Semester 1 SMA Negeri 1 Kradenan Kabupaten Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penggunaan Media Hypertext Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Pembelajaran Biologi Pada Konsep Sel Makhluk Hidup Siswa Kelas XI Semester 1 SMA Negeri 1 Kradenan Kabupaten Grobogan] PDF (Penggunaan Media Hypertext Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas Pembelajaran Biologi Pada Konsep Sel Makhluk Hidup Siswa Kelas XI Semester 1 SMA Negeri 1 Kradenan Kabupaten Grobogan) - Published Version
Download (882kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran Biologi SMA N 1 Kradenan ditemukan berbagai kelemahan, diantaranya adalah pembelajaran yang bersifat konvensional dan media pembelajaran yang kurang maksimal. Proses pembelajaran siswa menjadi cenderung pasif dan kurang termotivasi. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengatasi permasalahan di atas adalah media pembelajaran hypertext. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media hypertext pada konsep sel makhluk hidup di SMA Negeri 1 Kradenan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI semester gasal SMA Negeri 1 Kradenan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. 1 sampai XI IPA. 5. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA. 4 sebagai kelas eksperimen. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik Random Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Static Group Comparison Design. Dengan menggunakan hypertext diharapkan minimal 80 % siswa mencapai nilai ≥70 dan minimal 80% siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelompok eksperimen yang mencapai ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,5% dan kelompok kontrol sebesar 75%. Hal ini berarti telah memenuhi indikator keberhasilan penerapan media pembelajaran yang telah ditetapkan. Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Rata-rata aktivitas kelompok eksperimen dalam kategori aktif 95% dan kurang aktif 5%. Rata-rata aktivitas kelompok kontrol yang termasuk dalam kategori aktif 92,5% dan kurang aktif 7,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran hypertext sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Kradenan pada mata pelajaran Biologi konsep sel makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, slide presentation, teaching cell, using hypertext
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Apr 2011 02:48
Last Modified: 25 Apr 2015 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1559

Actions (login required)

View Item View Item