Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Discovery terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II SMP N 2 Nalumsari.


Wahyuning Hidayati , 4101405589 (2009) Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Discovery terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II SMP N 2 Nalumsari. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Discovery terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II SMP N 2 Nalumsari.] PDF (Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Discovery terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pokok Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II SMP N 2 Nalumsari.) - Published Version
Download (822kB)

Abstract

Pelajaran matematika adalah suatu pelajaran yang memerlukan pemahaman yang mendalam dan tidak hanya sekedar menghafal suatu rumus atau langkah penyelesaian dalam pembelajaran matematika. Belajar matematika akan berhasil bila proses belajarnya baik yaitu melibatkan intelektual peserta didik secara optimal. Belajar dan pembelajaran berfokus pada peserta didik jika peserta didik ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran matematika yang melibatkan aktivitas peserta didik dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari pembelajaran itu. Salah satu pembelajaran yang melibatkan aktivitas peserta didik secara aktif adalah pembelajaran dengan metode discovery. Dalam metode penemuan terbimbing atau yang biasa disebut dengan metode discovery di mana bahan pelajaran dicari dan dan ditemukan sendiri oleh peserta didik melalui berbagai aktivitas sehingga peran guru terbanyak sebagai fasilitator dan pembimbing peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran dengan metode discovery lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik pembelajaran dengan metode ekspositori pada materi pokok segiempat siswa kelas VII SMP N 2 Nalumsari. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran dengan metode discovery lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah peserta didik pembelajaran dengan metode ekspositori pada materi pokok segiempat siswa kelas VII SMP N 2 Nalumsari Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Nalumsari tahun pelajaran 2008/2009. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel. Kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran dengan metode ekspositori sedangkan pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran dengan metode discovery. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes. Dari hasil perhitungan hasil uji coba perbedaan dua rata-rata, pada kelas eksperimen diperoleh 1x= 74,63636, = 45,95772 dan n1: 44, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh 2x= 70,25, = 64,05233, dan n2: 44, sehingga didapat =hitungt2.912841, sedangkan = 1,99 dengan tabelt%5=αdengan dk = (44 + 44 - 2 ) = 86. Jadi thitung > ttabel maka ditolak berarti kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripad kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan metode discovery rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol yang diajar dengan metode ekspositori. Dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan metode discovery lebih baik daripada pembelajaran dengan metode ekspositori terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat siswa kela VII SMP N 2 Nalumsari. Penggunaan metode discovery dalam pembelajaran matematika di SMP N 2 Nalumsari perlu diterapkan agar siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dan ingat lebih lama serta tidak mudah lupa tentang materi yang diajarkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Metode Discovery.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 Apr 2011 02:37
Last Modified: 25 Apr 2015 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item