Peningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Modeling melalui Media Fotografi Siswa Kelas X-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru Kabupaten Semarang..


Lusi Wisnu Wigati, 2101405525 (2012) Peningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Modeling melalui Media Fotografi Siswa Kelas X-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru Kabupaten Semarang.. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Modeling melalui Media Fotografi Siswa Kelas X-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru Kabupaten Semarang..] Microsoft Word (Peningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Modeling melalui Media Fotografi Siswa Kelas X-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru Kabupaten Semarang..) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa kemampuan siswa Kelas X-1 SMA Kartika III-1 Banyubiru Kabupaten Semarang dalam menulis paragraf deskripsi masih rendah, siswa mengalami kesulitan dalam menggambarkan objek secara menyeluruh, sehingga diperlukan teknik pembelajaran dan media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penggunaan teknik modeling melalui media fotografi merupakan cara meningkatkan ketrampilan menulis paragraf deskripsi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi,(2) bagaimanakah perubahan perilaku pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan teknik modeling (pemodelan) melalui media fotografi. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi, dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa setelah diterapkan teknik modeling (pemodelan) melalui media fotografi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas mencakupi siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat komponen meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitian ini meliputi: variabel keterampilan menulis paragraf deskripsi dan variabel teknik modeling melalui media fotografi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes perbuatan menulis paragraf deskripsi. Teknik nontes berupa observasi, jurnal, wawancara dan dokumentasi foto selama kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa (1) teknik modeling melalui fotografi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Hasil tes siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa sebesar 73,31 dan pada siklus II sebesar 77,28. Hasil ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 3.97 poin dari pembelajaran siklus I ke siklus II, (2) siswa mengalami perubahan sikap dan perilaku dalam kegiatan pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan teknik modeling melalui media fotografi. Perubahan perilaku siswa ini ditunjukkan dengan berkurangnya perilaku negatif dan meningkatnya perilaku belajar positif siswa dari pembelajaran siklus I ke siklus II. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan teknik modeling melalui media fotografi sebagai alternatif pembelajaran dalam kegiatan menulis paragraf deskripsi, (2) peneliti lain bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam penelitian tindakan kelas selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: paragraf deskripsi, teknik modeling, fotografi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2012 02:48
Last Modified: 20 Sep 2012 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15562

Actions (login required)

View Item View Item