Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor Di SMK Negeri 2 Pekalongan


Dwi Pujiantoro , 7101408292 (2012) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor Di SMK Negeri 2 Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor Di SMK Negeri 2 Pekalongan] Microsoft Word (Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor Di SMK Negeri 2 Pekalongan) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menggunakan peralatan kantor di SMK Negeri 2 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menggunakan peralatan kantor di SMK Negeri 2 Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Negeri 2 Pekalongan tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 73 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, jadi semua populasi dijadikan sebagai sampel yaitu sebanyak 73 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Analisis faktor digunakan untuk mereduksi data dari variabel yang banyak menjadi sedikit. Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa terdapat 6 faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menggunakan peralatan kantor di SMK Negeri 2 Pekalongan, yaitu: (a) minat dan relasi memiliki kontribusi sebesar 36.17%, (b) pembelajaran dan keluarga memiliki kontribusi sebesar 7.77%, (c) lingkungan belajar memiliki kontribusi sebesar 6.89%, (d) kondisi alam dan motivasi memiliki kontribusi sebesar 5.653%, (e) dorongan ingin tahu memiliki kontribusi sebesar 5.01%, dan (f) penglihatan memiliki kontribusi sebesar 4.79%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang mempunyai kontribusi terbesar terhadap hasil belajar menggunakan peralatan kantor di SMK Negeri 2 Pekalongan adalah minat dan relasi sebesar 36,17%, dan faktor yang mempunyai kontribusi terkecil adalah penglihatan yaitu sebesar 4,79%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah sekolah perlu memperhatikan kondisi udara dan ketenangan yang ada di ruang belajar siswa agar siswa dapat belajar dengan baik. Siswa hendaknya bertanya kepada guru ketika tidak memahami pelajaran yang diterangkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Faktor Internal, Faktor Eksternal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2012 02:03
Last Modified: 20 Sep 2012 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

View Item View Item