Penerapan Media Teka-teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X AP 2 Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bangsri Kabupaten Jepara Tahun 2012


Farih Mansur , 7101408271 (2012) Penerapan Media Teka-teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X AP 2 Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bangsri Kabupaten Jepara Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Media Teka-teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X AP 2 Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 ...] Microsoft Word (Penerapan Media Teka-teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X AP 2 Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 ...) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Stenografi merupakan mata diklat yang bersifat skill atau keterampilan yang kegiatannya menulis dan membaca. Hasil observasi di SMK Negeri 1 Bangsri diketahui bahwa pembelajaran Stenografi di kelas X AP 2 SMK Negeri 1 Bangsri memiliki indikasi motivasi belajar yang rendah. Guru kurang memanfaatkan media dan menerapkan model pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif, jenuh dan bosan. Hasil belajar siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 1 Bangsri masih rendah dengan hasil belajar sebanyak 56,8% (21 siswa) dalam kriteria tidak kompeten dan 43,2% (16 siswa) dalam kriteria kompeten atau di atas KKM yaitu 70. Permasalahan penelitian ini adalah adakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelah penerapan media teka-teki silang dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas AP 2 SMK Negeri 1 Bangsri tahun 2012. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian ini adalah soal evaluasi tiap akhir siklus, lembar observasi motivasi siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh hasil siklus I rata-rata motivasi siswa sebesar 57,35%, pada siklus II meningkat menjadi 79,0%. Hasil belajar secara keseluruhan pada siklus I sebesar 62,2% (23 siswa), pada siklus II meningkat menjadi 86,5% (32 siswa). Secra rinci hasil belajar menulis dan menyalin menunjukkan bahwa hasil menulis siklus I 75,7% (28 siswa) dalam kriteria kompeten, pada siklus II meningkat menjadi 94,6% (35 siswa) dalam kriteria kompeten. Hasil menyalin pada siklus I sebesar 70,3% (26 siswa) dalam kriteria kompeten, pada siklus II meningkat menjadi 73,0% (27 siswa) dalam kriteria kompeten. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Penerapan Media Teka-teki Silang Pada Pembelajaran Stenografi dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) telah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 1 Bangsri. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu: Penerapan Media Teka-teki Silang pada pembelajaran Stenografi dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran Stenografi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X AP 2 SMK Negeri 1 Bangsri. Guru hendaknya menggunakan media dan variasi model pembelajaran dalam proses belajar mengajar Stenografi karena dapat membuat siswa kelas AP 2 SMK Negeri 1 Bangsri senang dan tidak cepat bosan, serta guru hendaknya dalam membagi kelompok jumlah anggota dalam satu kelompok (3-4 siswa) jangan terlalu besar karena cenderung ramai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Teka-teki Silang, Motivasi Stenografi, Student Teams Achievement Division (STAD)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 20 Sep 2012 02:00
Last Modified: 20 Sep 2012 02:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15559

Actions (login required)

View Item View Item