Pengaruh Kepercayaan Anggota, Nilai Pelanggan, dan Biaya Berpindah Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pemuda Buana (KOPENA) Kota Pekalongan


Dodi Prasetyo Purwo Amboro, 3301405127 (2012) Pengaruh Kepercayaan Anggota, Nilai Pelanggan, dan Biaya Berpindah Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pemuda Buana (KOPENA) Kota Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kepercayaan Anggota, Nilai Pelanggan, dan Biaya Berpindah Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pemuda Buana (KOPENA) Kota Pekalongan] Microsoft Word (Pengaruh Kepercayaan Anggota, Nilai Pelanggan, dan Biaya Berpindah Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam Pemuda Buana (KOPENA) Kota Pekalongan) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Di era ekonomi pasar seperti saat ini persaingan tidak dapat dihindarkan, badan usaha yang bergerak pada bidang simpan pinjam selalu berusaha memberikan penawaran-penawaran yang menarik bagi konsumen, hal ini tentu membuat para konsumen menjadi lebih leluasa dalam menentukan pilihannya. Sementara dampaknya bagi koperasi, hal ini menjadi tantangan yang membuat para pemasar koperasi harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan anggota agar tetap bertransaksi dengan koperasi, untuk itu koperasi harus mampu menciptakan loyalitas pada anggotanya. Faktor yang mempengaruhi Loyalitas anggota KOPENA adalah Kepercayaan Anggota, Nilai Pelanggan, Biaya Berpindah. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk 1) Mendeskripsikan kepercayaan anggota, nilai pelanggan, biaya berpindah, dan loyalitas anggota KOPENA Kota Pekalongan. 2) Mengetahui adakah.pengaruh kepercayaan anggota, nilai pelanggan, dan biaya berpindah terhadap loyalitas anggota KOPENA baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KOPENA cabang Kota Pekalongan yang berjumlah 661 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan sistem undian, dan diperoleh sampel sebanyak 87 responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari Kepercayaan Anggota (X1), Nilai Pelanggan (X2), Biaya Berpindah, (X3), dan Loyalitas Anggota (Y). Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan, nilai pelanggan, dan biaya berpindah masuk dalam kategori yang baik. Secara bersama-sama, kepercayaan anggota, nilai pelanggan, dan biaya berpindah mempengaruhi loyalitas anggota sebesar 44,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Secara parsial, kepercayaan anggota berpengaruh terhadap loyalitas sebesar 12,2%. Nilai pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas sebesar 9,5%. Biaya berpindah berpengaruh terhadap loyalitas sebesar 5,5%. Saran yang dapat peneliti berikan berdasarkan hasil penelitian adalah agar KOPENA selalu amanah dalam melaksanakan keputusan rapat anggota serta meningkatkan atau minimal mempertahankan kepercayaan yang tingggi, nilai pelanggan yang baik, dan biaya berpindah yang mudah agar anggota loyal untuk menggunakan pelayanan dari KOPENA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Anggota, Nilai Pelanggan, Biaya Berpindah, Loyalitas Anggota.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2012 01:05
Last Modified: 20 Sep 2012 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item View Item