Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ketidaktuntasan Nilai Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Dasar – Dasar Ilmu Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa Berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Tahun Pelajaran 2011/2012.
Kahfiani Irdoka, 3201408010 (2012) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ketidaktuntasan Nilai Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Dasar – Dasar Ilmu Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa Berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Ketidaktuntasan Nilai Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Dasar – Dasar Ilmu Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa Berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Tahun Pelajaran 2011/2012.)
- Published Version
Download (14kB) |
Abstract
Hasil belajar mata pelajaran Geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa Tahun 2011/2012 pada meteri pokok dasar-dasar ilmu geografi belum optimal. Hal ini dibuktikan dengan dengan rendahnya nilai Ulangan Tengah Semester itu 45%. Nilai ini belum mencapai ketuntasan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75%. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ketidaktuntasan nilai mata pelajaran geografi materi pokok dasar-dasar ilmu geografi dan faktor apa yang paling dominan yang mempengaruhi ketidaktuntasan nilai mata pelajaran geografi materi pokok dasar-dasar ilmu geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Tahun Pelajaran 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi ketidaktuntasan nilai mata pelajaran geografi materi pokok dasar-dasar ilmu geografi dan faktor apa yang paling dominan yang mempengaruhi ketidaktuntasan nilai mata pelajaran geografi materi pokok dasar-dasar ilmu geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Adapun manfaat dari penelitian ini; bagi siswa Penilitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru dan siswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaktuntasan nilai mata pelajaran geografi materi pokok Dasar-Dasar Ilmu Geografi,sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kulaitas proses belajar mengajar oleh guru. Bagi penelit dapat memberikan informasi kepada pihak terkait tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaktuntasan nilai mata pelajaran geografi materi pokok dasar-dasar ilmu geografi sebagai bahan pertimbangan perbaikan untuk tahun pelajaran yang akan datang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 288 (9 kelas). Sampel diambil sebesar 74 responden dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang dibagikan kepada responden merupakan instrumen yang telah diuji dengan menggunakan rumus validitas dan reliabilitas dengan hasil 27 dari 30 soal dinyatakan valid dan instrumen dinyatakan reliabel. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor minat siswa dan faktor perhatian terhadap pelajaran geografi merupakan faktor yang memperngaruhi ketidaktuntasan hasil belajar mata pelajaran geografi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa pada meteri pokok dasar-dasar ilmu geografi. Hasil analisis menunjukkan bahwa 53% siswa memiliki minat yang rendah dan 4% siswa memiliki minat sangat rendah terhadap pelajaran geografi dan 36 % siswa memiliki perhatian rendah bahkan 22% siswa memiliki perhatian yang sangat rendah terhadap pelajaran geografi. Faktor yang paling dominan adalah faktor perhatian siswa. Dapat disimpulkan bahwa faktor minat siswa dan faktor perhatian terhadap pelajaran geografi merupakan faktor yang memperngaruhi ketidaktuntasan hasil belajar mata pelajaran geografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa pada meteri pokok Dasar-Dasar Ilmu Geografi. Disarankan kepada guru geografi untuk meningkatkan minat dan perhatian siswa dengan cara mengimprovisasi model pembelajaran di kelas dan membuat ringkasan materi dengan bahasa dan penyajian yang menarik agar lebih mudah dipahami serta untuk lebih meningkatkan minat baca siswa. Untuk pihak sekolah disarankan agar bisa menambah sumber belajar geografi seperti penambahan buku literature di perpustakaan secara cetak maupun elektronik serta media pembelajaran interaktif yang dapat diakses melalui perpustakaan sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Faktor-faktor, Ketindaktuntasan Nilai, Pelajaran Geografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Sep 2012 00:52 |
Last Modified: | 20 Sep 2012 00:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15551 |
Actions (login required)
View Item |