Desain Grafis Kaos Untuk Media Kampanye Peduli Penderita Autis


Dhana Priyangga, 2451307012 (2012) Desain Grafis Kaos Untuk Media Kampanye Peduli Penderita Autis. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Desain Grafis Kaos Untuk Media Kampanye Peduli Penderita Autis] Microsoft Word (Desain Grafis Kaos Untuk Media Kampanye Peduli Penderita Autis) - Published Version
Download (16kB)

Abstract

Tema Tugas Akhir adalah tentang desain grafis kaos untuk media kampanye peduli penderita autis. Autisme adalah kondisi seseorang sejak lahir atau masa balita yang tidak bisa membentuk hubungan sosial dan komunikasi yang normal. Beberapa permasalahan autisme yang ada di Indonesia adalah, Banyak kasus autisme yang tidak terdeteksi sejak dini, dan kurangya pengetahuan masyarakat tentang autisme. Alasan tersebut membuat penulis merasa tergerak untuk menciptakan media kampanye sebagai bentuk kepedulian terhadap penderita autis. Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks artistik dan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Kaos dipilih sebagai media desain karena kriteria kaos yang komplit yaitu fungsional, mobile memiliki nilai jual, dan keberadaanya yang popular dalam kehidupan sehari-hari. Teknik cetak pun berkembang seiring perkembangan zaman seperti cetak sablon manual, digital printing, dan DTG direct to garment. Teknik sablon dipilih sebagai teknik berkarya karena memiliki kualitas cetakan lebih baik di antara ketiganya dan memiliki variasi cetakan yang lebih banyak. Metode berkarya terbagi menjadi tiga bagian yaitu proses pra cetak, proses cetak, dan pasca cetak. Proses pra cetak meliputi penetapan tujuan, penetapan ide, observasi, pembuatan desain kasar evaluasi dosen pembimbing dan refisi, serta perancangan desain akhir. Yang kedua adalah proses cetak yang terdiri dari pembuatan film diapositif, proses afdruk, dan proses cetak. Terakhir adalah pasca cetak yaitu proses pengemasan. Sasaran dari produk ini ditujukan bagi masyarakat kota sebagai sasaran utama. Luaran tugas akhir ini berupa 12 karya yang bisa menjadi media bagi masyarakat untuk menyalurkan dukungan bagi para autisme dan memberi informasi bagi masyarakat tentang masalah autisme. Desain-desain dalam tugas akhir ini memiliki berbagai macam karakter visual dan unsur-unsur dalam desain Selain itu penulis juga menggunakan simbol sebagai unsur visual dalam karya-karya tugas akhir ini seperti puzzle, bola lampu dan warna biru. Untuk menciptakan sebuah desain yang baik maka diperlukan prinsip-prinsip penyusunan unsur-unsur visual seperti unity, balance, simplicity, Komposisi, dan aksentuasi. Bagi kalangan tertentu desain grafis kaos bisa menjadi media ekspresi diri, sebagai media identitas pribadi atau kelompok, dan desain grafis kaos sebagai media komunikasi visual. Manfaat tugas akhir ini bagi masyarakat. Bisa memberi informasi tentang kesalah pahaman tentang autisme, bagi LSM dan lembaga terkait semoga karya-karya tugas akhir ini bisa menjadi media kampanye peduli penderita autis, dan bagi para desainer diharapkan bisa menjadi motivasi agar bisa membuat desain grafis kaos yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain Grafis Kaos
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 08:27
Last Modified: 19 Sep 2012 08:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item