La Politesse des Paroles des Étudiants dans l’envoi des Questions aux Professeurs Transmis par des Textos


Dyah Noor Hapsari, 2350405036 (2012) La Politesse des Paroles des Étudiants dans l’envoi des Questions aux Professeurs Transmis par des Textos. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of La Politesse des Paroles des Étudiants dans l’envoi des Questions aux Professeurs Transmis par des Textos ] Microsoft Word (La Politesse des Paroles des Étudiants dans l’envoi des Questions aux Professeurs Transmis par des Textos ) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Dalam kehidupannya manusia memerlukan komunikasi yang santun dengan manusia lain, baik di lingkungan berpendidikan ataupun tidak berpendidikan. Begitu pula dengan mahasiswa terhadap dosen, memerlukan prinsip kesantunan dan strategi bahasa yang baik dalam mengajukan pertanyaan baik secara lisan maupun tulis (SMS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan serta strategi bahasa yang digunakan mahasiswa dalam bertanya melalui SMS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian simak. Teknik pengambilan data yang akan dipakai adalah teknik sadap dan teknik catat. Hasil penelitian dari 42 data, ditemukan (1) 21 data mematuhi prinsip kesantunan dengan strategi berbahasa yang digunakan tidak memaksa, memberi pilihan, dan bersikap ramah, (2) 19 data menyimpang prinsip kesantunan, dan (3) 2 data mematuhi sekaligus menyimpang prinsip kesantunan dengan strategi bahasa memaksa, tidak memberikan pilihan, dan tidak bersikap ramah. Kesimpulannya bahwa ternyata dari 42 data yang di analisis hampir 50% mahasiswa tidak santun atau telah menyimpang dalam berkomunikasi melalui SMS kepada dosen mereka (19 dari 42 data). Hal ini dikarenakan kemungkinan besar mahasiswa tidak mengetahui teori prinsip kesantunan dan strategi bahasa yang harus digunakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesantunan, pematuhan dan penyimpangan prinsip kesantunan, strategi berbahasa
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 08:17
Last Modified: 19 Sep 2012 08:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15544

Actions (login required)

View Item View Item