Aspek Gramatikal dan Leksikal Wacana Iklan Jodoh dalam Majalah Le Nouvel Observateur


Ratih Cahayaning Dewi, 2350405009 (2012) Aspek Gramatikal dan Leksikal Wacana Iklan Jodoh dalam Majalah Le Nouvel Observateur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Aspek Gramatikal dan Leksikal Wacana Iklan Jodoh  dalam Majalah Le Nouvel Observateur] Microsoft Word (Aspek Gramatikal dan Leksikal Wacana Iklan Jodoh dalam Majalah Le Nouvel Observateur) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Dalam mengkomunikasikan salah satu aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhannya atau keinginannya untuk menemukan pasangan atau jodohnya adalah menggunakan sarana iklan di media cetak. Kita mengenal juga adanya istilah iklan jodoh. Dari aspek bahasanya, wacana iklan kontak jodoh ini menarik untuk dikaji, karena tempat kedudukannya yang serba mini di kolom surat kabar, penulisan kalimat serba singkat, tetapi tetap dimengerti oleh pembacanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan aspek - aspek gramatikal dan aspek - aspek leksikal wacana iklan jodoh dalam majalah le nouvel observateur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data yang diambil adalah majalah berbahasa Prancis Le Nouvel Observateur edisi tahun 2000 dan 2001. Teknik pengambilan data yang akan dipakai adalah teknik sadap dan teknik catat. Data yang diperoleh dicatat pada kartu data dan dianalisis menggunakan metode pilah unsur penentu. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari 7 data yang termasuk ke dalam aspek gramatikal yang berupa elipsis, konjungsi , dan abreviasi, sedangkan aspek leksikal hanya ditemukan repetisi dan kolokasi. Dari kedua aspek tersebut yang paling dominan dalam iklan jodoh tersebut adalah aspek gramatikal yang berupa abreviasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aspek gramatikal, leksikal, iklan jodoh
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 08:12
Last Modified: 19 Sep 2012 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15542

Actions (login required)

View Item View Item