Pengembangan Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Prancis bermuatan Budaya


Asalia. Anggraeni, , 2301408070 (2012) Pengembangan Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Prancis bermuatan Budaya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Prancis bermuatan Budaya] Microsoft Word (Pengembangan Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Prancis bermuatan Budaya) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menghendaki adanya buku ajar bahasa Prancis yang mengandung unsur-unsur budaya dengan tujuan untuk memperkenalkan budaya luar maupun membandingkannya dengan budaya Indonesia. Dengan demikian dalam menggunakan buku-buku tersebut para guru seharusnya mempersiapkan RPP yang terkait dengan pemahaman budaya. RPP yang dibuat memasukkan unsur-unsur budaya dengan cara memberikan pengetahuan tentang budaya dan membandingkannya dengan budaya yang dimiliki pada setiap pertemuan yang telah disesuaikan materinya dengan silabus. Oleh karena itu, diperlukan contoh RPP bermuatan budaya sebagai model yang dapat diacu para penyusun RPP. Hal ini memicu timbulnya motivasi peneliti untuk mengembangkan model rencana pelaksanaan pembelajaran yang bermuatan budaya agar guru dan calon guru mampu membuat RPP berbahasa Prancis yang bermuatan budaya, khususnya untuk mencapai tujuan afektif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Bagaimana model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Prancis yang bermuatan Budaya dengan sub tema Le Petit Déjeuner dan Prendre le bain? Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan atau research and development (R&D). Menurut Sugiono (2008: 409) terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun karena terbatasnya waktu, peneliti hanya mengadopsi lima langkah yakni merumuskan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi, dan revisi desain. Hasil penelitian ini berupa dua contoh atau model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Prancis bermuatan budaya yang bertema kehidupan sehari-hari. Tema tersebut sesuai dengan tema kelas yang diambil dari silabus SMA/MA. Desain kedua RPP tersebut mengambil materi tentang Le Petit Déjeuner dan Prendre le bain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Budaya.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
P Language and Literature > PB Modern European Languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 07:38
Last Modified: 19 Sep 2012 07:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15540

Actions (login required)

View Item View Item