Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam RPP Bahasa Jawa Kompetensi Mendengarkan Kelas VII SMP Negeri 24 Semarang


Wira Arum Sukmawati, , 2102408003 (2012) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam RPP Bahasa Jawa Kompetensi Mendengarkan Kelas VII SMP Negeri 24 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam RPP 	Bahasa Jawa Kompetensi Mendengarkan Kelas VII SMP Negeri 24 	Semarang] Microsoft Word (Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam RPP Bahasa Jawa Kompetensi Mendengarkan Kelas VII SMP Negeri 24 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diterapkan di sekolah yaitu dalam rangka membentuk kepribadian dan akhlak yang baik bagi peserta didik. Di sekolah, pendidikan karakter tersebut dapat diintegrasikan dalam perencanaan pembelajaran berupa RPP. RPP bahasa Jawa yang digunakan di SMP Negeri 24 Semarang sudah berkarakter. Nilai karakter tersebut sesuai dengan nilai karakter yang telah dirumuskan oleh Kemendiknas. Namun, selain nilai karakter dari Kemendiknas sebenarnya dalam RPP bahasa Jawa juga dapat dimasukkan nilai karakter budaya Jawa, khususnya dalam komponen materi pembelajaran yang terlampir dalam RPP tersebut. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter Jawa apa sajakah yang terdapat dalam RPP bahasa Jawa kompetensi mendengarkan kelas VII di SMP Negeri 24 Semarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter Jawa yang terdapat dalam RPP bahasa Jawa kompetensi mendengarkan kelas VII SMP Negeri 24 Semarang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa kalimat yang diduga mengandung nilai-nilai karakter budaya Jawa yang ada dalam RPP bahasa Jawa kelas VII kompetensi mendengarkan SMP Negeri 24 Semarang. Sumber data penelitian ini yaitu komponen-komponen dalam RPP bahasa Jawa kompetensi mendengarkan kelas VII SMP Negeri 24 Semarang. Komponen-komponen tersebut meliputi, komponen indikator, komponen tujuan pembelajaran, komponen materi pembelajaran, komponen langkah-langkah pembelajaran serta komponen penilaian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Data tersebut kemudian dicatat dalam kartu data. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi, yaitu untuk menganalisis data yang diduga mengandung nilai karakter budaya Jawa. Hasil analisis data tersebut kemudian dipaparkan menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam RPP bahasa Jawa kompetensi mendengarkan kelas VII SMP Negeri 24 Semarang terdapat adanya nilai-nilai karakter Jawa. Nilai karakter Jawa tersebut paling banyak ditemukan dalam komponen materi pembelajaran. Adapun nilai-nilai karakter budaya Jawa yang ditemukan tersebut meliputi: (1) nilai religius yaitu pada ragam nilai keselamatan, (2) nilai filosofis, yaitu pada ragam nilai keselarasan, kebersamaan, dan kemapanan (3) nilai etis, yaitu dalam ragam nilai kebijaksanaan dan nilai kekasihsayangan, dan (4) nilai estetis, yaitu pada ragam nilai keterpesonaan. Berdasarkan hasil analisis, disarankan kepada para guru Bahasa Jawa agar dapat memaksimalkan dalam memasukkan nilai pendidikan karakter Jawa pada RPP yang dibuatnya. Hal tersebut dilakukan sebagai pencapaian pembentukan budi pekerti luhur bagi peserta didik sebagai realisasi dari pendidikan karakter. Selain itu, sangat disarankan adanya penelitian lanjutan untuk menyempurnakan penelitian ini, misalnya pada perangkat pembelajaran lain atau pada proses kegiatan pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai pendidikan karakter, RPP, kompetensi mendengarkan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 02:21
Last Modified: 19 Sep 2012 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item View Item