Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Permintaan, Penawaraan Dan Terbentuknya Harga Pasar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran KooperatifTeam Games Tournament Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Semarang


Rut Ervianna Kurnia Sari , 7101408294 (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Permintaan, Penawaraan Dan Terbentuknya Harga Pasar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran KooperatifTeam Games Tournament Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Permintaan, Penawaraan Dan Terbentuknya Harga Pasar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran KooperatifTeam Games Tournament Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Semarang] Microsoft Word (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Permintaan, Penawaraan Dan Terbentuknya Harga Pasar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran KooperatifTeam Games Tournament Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Semarang) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Guru merupakan unsur yang sangat penting di dalam proses pembelajaran, membutuhkan kerjasama dari siswa yaitu keaktifan siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran. Namun, dalam proses pembelajaran ekonomi yang selama ini diterapkan di sekolah masih ditemukan beberapa kendala, salah satunya adalah penyampaian materi hanya berlangsung satu arah. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang bisa menolong siswa untuk terlibat aktifdan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran Team Games Tournament. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalahuntuk mengetahui model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament pada materi pokokPermintaan, Penawaran, dan Terbentuknya harga Pasar lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIIISMP Negeri 26 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pola randomized control group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIISMP Negeri 26 Semarang, sampel dilakukan dengan cara random sampling. Dalam penelitian ini terambil kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol,masing-masing kelas berjumlah 31 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, observasi, metode tes. Dari hasil penelitian diketahui penggunaan model pembelajaran Team Games Tournamentlebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pada pengajaran ekonomi khususnya materi pokok Permintaan, Penawaran, dan Terbentuknya harga Pasar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Semarang. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai post test untuk kelas eksperimen sebesar 76,77 dan kelas kontrol sebesar 73,00. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata sebesar 3,77antara kedua kelas tersebut dimana kelas eksperimen nilainya lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 83,87 % peningkatannya. Berdasarkan keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT, maka disarankan guru dapat menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif TGT serta mengembangkan variasi dan kreativitas didalam proses belajar mengajar yang disesuaikan dengan karakteristik dan kondisi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Team Games Tournament
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 19 Sep 2012 01:54
Last Modified: 19 Sep 2012 01:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15525

Actions (login required)

View Item View Item