Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Materi Ajar Fabel


Neni Kusuma Dewi, 2101408123 (2012) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Materi Ajar Fabel. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Materi Ajar Fabel] Microsoft Word (Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Materi Ajar Fabel) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu hasil pendidikan di sekolah yang tidak hanya berujung pada pencapaian kecerdasan intelektual tetapi juga mengarah pada pencapaian pembentukan karakter, yaitu pengembangan watak positif dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Penanaman pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran dilakukan dengan cara memberi contoh atau teladan kepada peserta didik mengenai hal yang baik dan tidak baik. Pada tahun 2008, Saptanti melakukan penelitian dengan menciptakan materi ajar fabel yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Materi ajar fabel karya Saptanti dibuat dalam bentuk audiovisual. Penelitian materi ajar pada tahun 2008 tersebut belum menyentuh ranah pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dari penelitian Saptanti yang mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam materi ajar fabel. Nilai-nilai pendidikan karakter yang dikaji dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang bersumber dari budaya Jawa. Saryono (2011) membedakan nilai-nilai karakter pada budaya Jawa menjadi karakteristik idealistis nilai religius Jawa, nilai filosofis Jawa, nilai etis Jawa, dan nilai estetis Jawa. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang terdapat dalam materi ajar fabel karya Saptanti. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu mendeskripsi nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam materi ajar fabel karya Saptanti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah fabel dalam materi ajar hasil penelitian Saptanti. Data pada penelitian ini adalah penggalan wacana dalam fabel yang diduga mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Data penelitian dibatasi pada wacana dalam bentuk lisan dan tulisan, sedangkan gambar-gambar fabel yang terdapat di dalamnya tidak diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Teknik pemaparan hasil analisis data dalam penelitian ini adalah teknik informal. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam materi ajar fabel karya Saptanti meliputi nilai religius (ragam keselamatan), filosofis (ragam kemapanan, keselasaran, dan kebersamaan), etis (ragam kebijaksanaan), dan estetis (keterpesonaan dan keterhanyutan). Saran yang dapat diberikan penulis yaitu, hendaknya dalam membuat dan menggunakan materi ajar, guru juga memperhatikan kandungan nilai-nilai pendidikan karakter. Materi ajar fabel karya Saptanti merupakan salah satu contoh materi ajar yang inovatif dan mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Selanjutnya, untuk peneliti bahasa Jawa masih banyak peluang untuk melakukan penelitian dan pengembangan materi ajar cerita anak yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, materi ajar, fabel.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 02:15
Last Modified: 19 Sep 2012 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15523

Actions (login required)

View Item View Item