Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Secara Lisan Isi Cerpen Menggunakan Media Audio Visual Film Pendek Adaptasi Cerpen Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 23 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012.


Andy Kusworo, , 2101405035 (2012) Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Secara Lisan Isi Cerpen Menggunakan Media Audio Visual Film Pendek Adaptasi Cerpen Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 23 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Secara Lisan Isi Cerpen Menggunakan Media Audio Visual Film Pendek Adaptasi Cerpen Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 23 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. ] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menceritakan Kembali Secara Lisan Isi Cerpen Menggunakan Media Audio Visual Film Pendek Adaptasi Cerpen Pada Siswa Kelas IX A SMP Negeri 23 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. ) - Published Version
Download (16kB)

Abstract

Pembelajaran menceritakan kembali cerpen pada peserta didik SMP Negeri 23 Semarang menunjukkan hasil yang kurang memuaskan (masih kurang). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi, di antaranya yaitu faktor media yang digunakan guru dalam pembelajaran menceritakan kembali cerpen dan faktor peserta didik. Faktor yang paling berpengaruh dan harus segera dicari jalan keluarnya adalah faktor media yang digunakan guru dalam pembelajaran. Selama ini media yang digunakan adalah media teks atau media rekaman audio. Pada umumnya guru memilih media yang kurang mandukung dan kurang efektif sehingga pembelajaran di kelas kurang mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang antusias dan tidak berkonsentrasi dengan baik. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menghadirkan media film pendek adaptasi cerpen sebagai alternatif guru yang merupakan fasilitator dan motivator. Hal ini sesuai dengan pembelajaran pada saat ini yaitu peserta didik dituntut untuk berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan uraian di atas, muncul permasalahan sebagai berikut, (1) seberapa besar peningkatan keterampilan menceritakan kembali cerpen dengan menggunakan media film pendek adaptasi cerpen pada peserta didik kelas IX A SMP Negeri 23 Semarang tahun ajaran 2011/2012 dan (2) bagaimana perubahan perilaku peserta didik dalam pembelajaran menceritakan kembali secara lisan isi cerpen dengan menggunakan media film pendek adaptasi cerpen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menceritakan kembali isi cerpen dan perubahan sikap peserta didik dalam pembelajaran menceritakan kembali secara lisan isi cerpen menggunakan media film pendek adaptasi cerpen. Adapun manfaat yang diperoleh dari penelitian ini adalah dapat menambah khasanah pengembangan pengetahuan menceritakan kembali isi cerpen dengan media film pendek. Selain itu, penelitian juga diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, praktisi pendidikan, dan peneliti pendidikan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan dilaksanakan pada peserta didik kelas IX A SMP Negeri 23 Semarang. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Adapun variabel penelitiannya adalah menceritakan kembali secara lisan isi cerpen dan media film pendek adaptasi cerpen. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan tes yang digunakan yaitu berupa tes keterampilan menceritakan kembali isi cerpen, sedangkan alat pengambilan data nontes adalah pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media film pendek adaptasi cerpen dapat meningkatkan kemampuan menceritakan kembali isi cerpen pada peserta didik kelas IX A SMP Negeri 23 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Pada pratindakan, nilai rata-rata klasikal yang dicapai peserta didik sebesar 57,33. Hasil tindakan siklus I mencapai rata-rata 64,92 atau mengalami peningkatan sebesar 11,29% dari hasil pratindakan. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,62% dari siklus I atau mencapai nilai rata-rata 83,90. Selain itu, perubahan perilaku peserta didik dalam penelitian ini adalah peserta didik tampak senang, antusias, dan bersemangat untuk tampil. Peserta didik juga mengikuti pembelajaran dengan sangat baik dan menjadi lebih tertarik mengikuti pembelajaran menceritakan kembali isi cerpen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran yaitu (1) guru dapat menggunakan media film pendek adaptasi cerpen sebagai alternatif dalam pembelajaran bercerita, (2) bagi peserta didik hendaknya dalam mengikuti proses pembelajaran menceritakan kembali cerpen dengan penuh antusias, semangat, dan tidak takut tampil, dan (3) bagi praktisi pendidikan atau peneliti lain agar dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu sumber dalam melakukan penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cerpen, keterampilan menceritakan kembali cerpen, media film pendek adaptasi cerpen.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 01:46
Last Modified: 19 Sep 2012 01:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15522

Actions (login required)

View Item View Item