Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif tipe Think Pair Share Berbasis CD Pembelajaran Kelas VB SDN Tawangmas 01 Kota Semarang.


Widhayat Arif Mustaghfirin, , 1402408336 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif tipe Think Pair Share Berbasis CD Pembelajaran Kelas VB SDN Tawangmas 01 Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif tipe Think Pair Share Berbasis CD Pembelajaran Kelas VB SDN Tawangmas 01 Kota Semarang.] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif tipe Think Pair Share Berbasis CD Pembelajaran Kelas VB SDN Tawangmas 01 Kota Semarang.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran PKn khususnya di SD Negeri Tawangmas 01 masih mengalami banyak hambatan dan belum mencapai KKM > 71. Hal ini disebabkan karena guru belum menerapkan model pemberajaran yang inovatif sehingga siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi pembelajaran, guru tidak menggunakan media pembelajaran yang kreatif sehingga siswa kurang tertarik terhadap pelajaran PKn dan siswa menjadi tidak memperhatikan penjelasan dari guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (a) Apakah model kooperatif tipe TPS berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn kelas VB SD Negeri Tawangmas 01 Semarang?, (b) Apakah model kooperatif tipe TPS berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn kelas VB SD Negeri Tawangmas 01 Semarang?, (c) Apakah model kooperatif tipe TPS berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas VB SD Negeri Tawangmas 01 Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah; (a) Model kooperatif tipe TPS berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn kelas VB melalui. (b) Model kooperatif tipe TPS berbasis CD pembelajaran dapt meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn kelas VB. (c) Model kooperatif tipe TPS berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn kelas VB. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas melalui model kooperatif tipe think pair share berbasis CD pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SD Negeri Tawangmas 01. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada siklus I keterampilan guru mendapatkan skor 25 atau 69,4% dengan kriteria baik, aktivitas siswa mendapatkan skor 20 atau 62,5% dengan kriteria cukup, ketuntasan hasil belajar sebesar 65% tuntas. Pada siklus II keterampilan guru mendapatkan skor 29 atau 80,56% dengan kriteria baik, aktivitas siswa mendapatkan skor 22,3 atau 69,15% dengan kriteria baik, ketuntasan hasil belajar sebesar 95% tuntas. Pada siklus III keterampilan guru mendapat skor 33 atau 91,67% dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa mendapatkan skor 28 atau 87,5% dengan kriteria sangat baik, dan ketuntasan hasil belajar mencapai 100 % siswa tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui model kooperatif tipe TPS berbasis CD pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, Model kooperatif tipe think pair share, CD pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Sep 2012 01:17
Last Modified: 19 Sep 2012 01:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15517

Actions (login required)

View Item View Item