Efektivitas Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang


Rahma Widhiantari , 7101408251 (2012) Efektivitas Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang] Microsoft Word (Efektivitas Metode Pemberian Tugas (Resitasi) Berbantuan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Uang dan Perbankan SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang) - Published Version
Download (29kB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh. Penggunaan metode pembelajaran sangat berpengaruh terhadap hasil belajar yang akan dicapai. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif oleh guru Metode Pembelajaran Resitasi Berbantuan Modul Pembelajaran. Metode ini dapat melatih siswa untuk berfikir aktif. Permasalahan dalam penelitian ini apakah pembelajaran dengan menggunakan metode Resitasi lebih dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan apakah lebih efektif penggunaan metode pembelajaran Resitasi berbantuan modul pembelajaran dibandingkan metode konvensional berbantuan modul pembelajaran. Penelitian ini adalah peneltian quasi eksperimen yang dilaksanakan di SMA N 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Sample diambil diambil dari dua kelas yang paling homogen yaitu kelas X F sebagai kelas eksperimen dan kelas X G sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar ekonomi pada kelas kontrol dan hasil belajar ekonomi pada kelas eksperimen. Metode pengambilan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode resitasi berbantuan modul pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu penggunaan metode resitasi berbantuan modul pembelajaran di kelas eksperimen lebih efektif, yaitu terlihat dari nilai KKM yang sudah mencapai 90,03% dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan modul pada kelas kontrol, nilai KKM hanya sebesar 75%. Pada aspek keberanian siswa dalam mempresentasikan hasil tugas pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 54,84%, berbeda pada kelas kontrol yang hanya terjadi peningkatan sebesar 9,38%. Ada perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar Ekonomi pada kompetensi dasar uang dan perbankan dengan menggunakan metode resitasi berbantuan modul pembelajaran lebih dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional berbantuan modul. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah Metode pembelajaran resitasi bisa dijadikan alternatif pembelajaran ekonomi di SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Pembelajaran Pemberian Tugas (Resitasi), Modul Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 07:42
Last Modified: 18 Sep 2012 07:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15512

Actions (login required)

View Item View Item