Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Diklat Produktif pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran


Andika Wijayanto, 7101407221 (2012) Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Diklat Produktif pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Diklat Produktif pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran] Microsoft Word (Analisis Faktor Kesulitan Belajar Mata Diklat Produktif pada Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran) - Published Version
Download (36kB)

Abstract

Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan formal, merupakan tempat proses belajar mengajar berlangsung. Dalam proses pembelajaran meliputi 3 aspek kegiatan, yaitu: pendidikan, pembelajaran, dan latihan. SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan. SMK memberikan kemampuan sesuai dengan jurusan, yang dimana di SMK lebih banyak materi pelajaran yang bersifat praktek di bandingkan dengan teori. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk skill dari para perserta didik sehingga nantinya perserta didik menjadi terampil, dan mampu bersaing dalam dunia kerja setelah lulus dari SMK. SMK Negeri 1 Demak merupakan salah satu sekolah yang memiliki kualitas yang baik, hal ini di karenakan SMK N 1 Demak termasuk sekolah yang telah terancang sebagai sekolah berstandar Internasional dan rata-rata telah mendapatkan akreditasi A dalam setiap kompetensi keahlian. Dalam segi prasarana dan sarana di SMK N 1 Demak cukup memadai, diharapkan fasilitas tersebut mampu mempermudah peserta didik dalam proses pembelajaran yang lebih baik. SMK N 1 Demak memliki input yang bagus, hal ini dikarenakan adanya proses penyaringan yang ketat untuk peserta didik baru yang ingin masuk. Namun dari kelebihan-kelebihan yang ada masih saja terdapat nilai-nilai ujian siswa yang masih di bawah ketuntasan minimal. Dari permasalahan tersebut sangat relevan diadakan suatu penelitian mengenai analisis faktor yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar. Diharapkan dari penelitian ini akan mendapatkan sebuah hasil rinci dari beberapa indikator kesulitan belajar, dan indikator dominan penyebab kesulitan belajar tersebut nantinya akan dijadikan acuan untuk perbaikan para perserta didik dan guru untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa yang lebih baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar mata diklat produktif siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Demak. 2) Faktor apa yang paling dominan dalam kesulitan belajar mata diklat produktif siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Demak. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mata diklat produktif siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Demak. 2) Untuk menganalisis faktor dominan dalam kesulitan belajar mata diklat produktif siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Demak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Demak berjumlah 78 siswa. Faktor yang digunakan sebanyak 18 item. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mata diklat produktif siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Demak, yaitu (1) faktor tipe khusus pelajar dan lingkungan (49,686%), (2) faktor minat dan motivasi siswa (19,69%), (3) faktor prasarana dan sarana belajar di sekolah (15,162%), (4) faktor media massa dan perhatian siswa (7,792%), (5) faktor bakat (7,67%). Faktor yang memberikan kontribusi paling besar yaitu faktor-faktor tipe khusus pelajar dan lingkungan yaitu sebesar 49,686%. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu siswa harus pandai mengelola waktu antara belajar dengan kegiatan lainnya. Siswa pun harus mampu memilih teman bergaul yang mendukung kegiatan belajar, bukan sebaliknya. Para orang tua siswa harus mampu menjadi motivator, pengingat, dan pendamping anaknya untuk selalu rajin belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Mata Diklat Produktif
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 07:20
Last Modified: 18 Sep 2012 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15504

Actions (login required)

View Item View Item