Ikan sebagai Subjek Berkarya Seni Grafis CetakTinggi


Fajar Ariyanto, 2401407032 (2012) Ikan sebagai Subjek Berkarya Seni Grafis CetakTinggi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Ikan sebagai Subjek Berkarya Seni Grafis CetakTinggi ] Microsoft Word (Ikan sebagai Subjek Berkarya Seni Grafis CetakTinggi ) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Ikan merupakan salah satu jenis hewan yang hidup di air dan tidak terlepas dalam kehidupan manusia baik sebagai hewan peliharaan dan hewan yang dapat dikonsumsi.Ikandalam karya ini dimetaforakan berbagai perasaan manusia di dunia.Berkaitan dengan itu, penulis mengekspresikan ikansecara imajinatifagar menghasilkan karya estetis sekaligus sebagai media untuk penyampaianpesan. Tujuan pembuatan proyek studi ini adalah untuk merepresentasikansifat atau prilakubaik dan buruk manusia di dunia melaluiikan dengan karakter imajinatif ke dalam karya seni grafis cetak tinggi. Dalam berkarya seni grafis cetak tinggi ini diggunakan media cat tembok “mowilex”, tinta cetak “roller tiger”, chisel, kanvas dan hardboard. Cat tembok digunakan untuk melapisi permukaan dasar kanvas, cat offset jenis pentone digunakan untuk pewarnaan subjek utama dan backgroundgrafis, sedangkan alatchisel digunakan untuk membuat garis-garis cukilan pada hardboarddengan teknik reduksi. Teknik reduksi yakni teknik yang menggunakan satu plat yang dicukil hingga warna terakhir.Proses berkarya dimulai dari pencarian ide yang ada di sekitar kehidupan, kemudian dilanjutkan proses pengolahan ide dengan dengan membuat sket pada kertas gambar. Selanjutnyaproses pemindahan sket kehardboarddan proses pencukilan. Dilanjukan pewarnaan yang dilakukan sampai lima tahapan pewarnaan dari warna yang muda hingga warna terakhir warna gelap.Setelah karya jadi terakhir proses pengemansan karya dengan figura. Karya seni grafis cetak tinggi yang dihasilkan berjumlah dua belas buah dengan ukuran 60 x 50 cm. Karya tersebut merupakan penggambaran dari figur ikan yang mengalami pendistorsian dan stilisasi, sehingga bentuknya imajinatif. Seni grafis cetak tinggi mengungkapkan tentang sikap dan prilaku manusia dan penulis itu sendiri melalui ikan yang didistorsi. Dalam proses berkarya terdapat kekurangan dalam proses mencetakdengan cara digosok, yakni hasil cukilan yang kecil menjadi melebar. Setelah beberapa karya penulis menggunakan cara diinjak-injak dalam proses cetak dan hasilnya mememuaskan dibandingkan dengan digosok. Ikan ternyata sangat menarik untuk dikembangkan dalam karya seni grafis cetak tinggi dengan menggunakan teknik reduksi dan pewarnaan yang bervariasi. Dalam menciptakan karya seni grafis cetak tinggi hendaknya lebih mengeksplorasi tema, media, maupun teknik dalam berkarya. Diharapkan proyek studi ini dapat bermanfaat bagi apresiator, terutama mahasiswa dan diharapkan pula dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa yang lain untuk menciptakan karya seni grafis cetak tinggi yang estetis, eksploratif, dan dapat dinikmati oleh orang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ikan, Seni Grafis Cetak Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 02:12
Last Modified: 18 Sep 2012 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15482

Actions (login required)

View Item View Item