Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Pada Siswa Kelas IVA SDN Gisikdrono 02


Taufiq Shofyan Hadi,, 1402408291 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Pada Siswa Kelas IVA SDN Gisikdrono 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Pada Siswa Kelas IVA SDN Gisikdrono 02] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Pada Siswa Kelas IVA SDN Gisikdrono 02) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan pembelajaran IPA pada siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 02, dimana pembelajaran tersebut masih berpusat pada guru yang mengajar secara konvensional dengan metode ceramah sehingga siswa menjadi objek pasif dalam pembelajaran. Guru juga kurang melibatkan siswa untuk ikut aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran terkesan membosankan bagi siswa. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil belajar siswa, dimana 22 dari 30 siswa atau 73,3% siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 02 masih kesulitan memahami materi mata pelajaran IPA, 22 siswa tersebut nilai rata-ratanya masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk memperbaiki hal tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 02?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 02. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 02. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I, keterampilan guru mendapatkan rata-rata skor 15 dengan kategori baik. Pada siklus II meningkat rata-rata skor menjadi 22,5 dengan kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan rata-rata skor 13,85 dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat rata-rata skor menjadi 20,33 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan siswa adalah 53,3%. Pada siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 76,6%. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan, melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 02 pada pembelajaran IPA. Disarankan bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran, antusias dalam mengikuti pembelajaran dan lebih giat dalam memahami materi, sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:56
Last Modified: 18 Sep 2012 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15476

Actions (login required)

View Item View Item