Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning dengan Media Manipulatif Siswa Kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang.


Deasy Renaningtyas Sugiarto,, 1402408285 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning dengan Media Manipulatif Siswa Kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning dengan Media Manipulatif Siswa Kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang.] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Problem Based Learning dengan Media Manipulatif Siswa Kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang.) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di kelas V SDN Gajahmungkur 02, ditemukan masalah dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran kurang diawali dengan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dan siswa kurang diarahkan untuk memecahkan masalah melalui penyelidikan.Media yang dimiliki sekolah terbatas serta penggunaan media belum optimal karena siswa tidak ikut menggunakan media yang ada. Kondisi yang demikian menyebabkan aktivitas siswa dalam pembelajaran kurang sehingga hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah “Apakah melalui penggunaaan Problem Based Learning dengan media manipulatifdapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang?”. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui Problem Based Learning dengan media manipulatif siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan yaitu pada akhir siklus 1 jumlah skor 33 dengan kategori sangat baik dan pada akhir siklus2 jumlah skor 38 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada akhirsiklus 1jumlah skor rata-rata yang diperoleh 19,2 dengan kategori baik dan pada akhirsiklus 2skor rata-rata meningkat mencapai 21,7 dengan kategori sangat baik.Ketuntasan belajar siswa pada kondisi awal 33,3% (rata-rata 56,3). Setelah dilaksanakantindakan mengalami peningkatan pada akhir siklus 1 ketuntasan belajar 75%(rata-rata 75,8) dan pada akhir siklus 2 ketuntasan belajar 87,5%(rata-rata 83,8). Simpulan dari penelitian adalah melalui Problem Based Learning dengan media manipulatif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Saran bagi guru adalah dalam mengembangkan pembelajaran matematika sebaiknya guru mengajukan masalah yang berkaitan dengan dunianyatadan membimbingsiswa untuk memecahkan masalah menggunakan media manipulatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, problem based learning, media manipulatif
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:50
Last Modified: 18 Sep 2012 01:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15474

Actions (login required)

View Item View Item