Pengembangan Prototipe Buku Panduan Menulis Cerita Berbahasa Jawa dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas V SD


Rita Afrilia, 2102405022 (2012) Pengembangan Prototipe Buku Panduan Menulis Cerita Berbahasa Jawa dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas V SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengembangan Prototipe Buku Panduan Menulis Cerita Berbahasa Jawa dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas V SD] Microsoft Word (Pengembangan Prototipe Buku Panduan Menulis Cerita Berbahasa Jawa dengan Pendekatan Kontekstual bagi Siswa Kelas V SD) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Dalam pembelajaran menulis di kelas V SD, siswa dituntut mampu menulis cerita dengan mengungkapkan pikiran dan gagasannya. Namun kebanyakan siswa kelas V SD kurang menyukai pelajaran menulis cerita. Hal ini disebabkan karena strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung masih klasik. Dalam metode ini guru menerangkan secara lisan, siswa mendengarkan dan mencatat dalam waktu yang relatif pendek atau terbatas. Sementara itu, siswa diharapkan dapat menyelesaikan materi yang disampaikan oleh guru dalam waktu singkat. Kurangnya alokasi waktu untuk pengajaran menulis dan suasana belajar mengajar yang kurang kondusif tersebut menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam berimajinasi sehingga hasil belajar siswa rendah. Dari beberapa alasan tersebut, dibutuhkan media belajar yang dapat memotivasi peserta didik untuk menguasai keterampilan menulis cerita berbahasa Jawa. Maka dari itu, siswa membutuhkan buku panduan menulis cerita berbahasa Jawa untuk memandu mereka dalam berlatih menulis cerita dan guru membutuhkan buku panduan menulis cerita berbahasa Jawa untuk mempermudah proses pengajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana prototipe buku panduan menulis cerita berbahasa Jawa dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SD kelas V. Tujuan penelitian ini yaitu dibuatnya prototipe buku panduan menulis cerita berbahasa Jawa dengan pendekatan kontekstual bagi siswa SD kelas V. Dengan adanya penelitian ini manfaat yang dapat diperoleh yaitu dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberi pengetahuan bagi guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Jawa tentang pendekatan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and develophment (R & D) yang disederhanakan menjadi enam tahap penelitian. Dalam penelitian ini ada tiga data penelitian, yaitu data berupa teori-teori, data kebutuhan siswa terhadap buku panduan menulis cerita berbahasa Jawa, dan data uji validasi prototipe buku panduan menulis cerita berbahasa Jawa. Sumber data penelitian ini berasal dari buku-buku dan hasil penelitian yang relevan, siswa kelas V SD N Kaligesing dan SD N Kaliharjo, Guru-guru kelas V SD N Kaligesing dan SD N Kaliharjo, dan dosen ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu mengarah pada proses menyeleksi, memfokuskan, menyederhanakan, mentranformasikan data mentah yang ada di lapangan. Dari data inilah akan dikembangkan prototipe buku panduan menulis cerita berbahasa Jawa dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas V SD. Setelah penelitian dilaksanakan dan dianalisis, diperoleh hasil penelitian yaitu berupa prototipe buku panduan menulis cerita berbahasa Jawa dengan pendekatan kontekstual bagi siswa kelas V SD. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa buku panduan menulis cerita berbahasa jawa yang disertai gambar-gambar yang menarik dan dipenuhi dengan warna-warna yang cerah agar lebih menarik untuk siswa. Berdasarkan simpulan penelitian di atas diajukan saran bahwa hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif peningkatan atau perbaikan pembelajaran menulis cerita. Selain itu, kepada guru bahasa jawa khususnya dan kepada guru pada umumnya agar selalu kreatif dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan, Menulis Cerita, Kontekstual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:45
Last Modified: 18 Sep 2012 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15471

Actions (login required)

View Item View Item