Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Teknik Skema Alur menggunakan Media Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar-Demak


Erlin Novitaningrum, 2101408102 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Teknik Skema Alur menggunakan Media Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar-Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Teknik Skema Alur menggunakan Media Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar-Demak] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Teknik Skema Alur menggunakan Media Lagu Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar-Demak) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan, kemampuan siswa kelas X-2 SMA Negeri 1 Karanganyar-Demak dalam menulis cerpen belum mencapai target yang telah ditentukan. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis cerpen dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal dipengaruhi oleh kurang tepatnya cara mengajar yang digunakan guru dalam pembelajaran. Faktor internal disebabkan oleh kurangnya minat baca, sehingga berpengaruh pada keterbatasan kemampuan dalam menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan dan perubahan perilaku siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar-Demak dalam menulis cerpen dengan teknik skema alur menggunakan media lagu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis cerpen dan perubahan perilaku siswa siswa kelas X SMA Negeri 1 Karanganyar-Demak dalam menulis cerpen dengan teknik skema alur menggunakan media lagu. Penelitian ini menggunakan desain tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, tiap siklus atas empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek yang diteliti adalah kererampilan menulis cerpen teknik skema alur menggunakan media lagu kelas X-2 SMA Negeri 1 Karanganyar-Demak, sejumlah 38 siswa. Variabel penelitian adalah keterampilan menulis cerpen, serta teknik skema alur menggunakan media lagu dalam menulis cerpen. Instrumen penelitian berupa instrumen tes dan nontes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Setelah pelaksanaan penelitian, menunjukkan adanya peningkatan hasil tes keterampilan menulis cerpen. Dari hasil analisis, hasil tes siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 65,26 dengan kategori cukup. Pada siklus II meningkat menjadi 73,31 dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar 8,10. Peningkatan hasil tes ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa ke arah positif. Siswa lebih antusias dalam pembelajaran menulis cerpen. Situasi kelas pun menjadi lebih kondusif, sehingga pembelajaran yang berlangsung menjadi lancar dan menyenangkan. Melihat hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan teknik skema alur menggunakan media lagu dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen dan dapat mengubah perilaku siswa ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan adalah guru hendaknya dapat menerapkan teknik skema alur menggunakan media lagu dalam pembelajaran menulis cerpen sebagai alternatif dalam metode pembelajaran, karena teknik skema alur menggunakan media lagu telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis cerpen, teknik skema alur, media lagu
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:43
Last Modified: 18 Sep 2012 01:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15469

Actions (login required)

View Item View Item