Keterampilan Membaca Cepat untuk Menyimpulkan Isi Bacaan melalui Metode Kalimat dengan Teknik Skipping Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012


Agustina Herawati, 2101407101 (2012) Keterampilan Membaca Cepat untuk Menyimpulkan Isi Bacaan melalui Metode Kalimat dengan Teknik Skipping Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keterampilan Membaca Cepat untuk Menyimpulkan Isi Bacaan melalui Metode Kalimat dengan Teknik Skipping Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012] Microsoft Word (Keterampilan Membaca Cepat untuk Menyimpulkan Isi Bacaan melalui Metode Kalimat dengan Teknik Skipping Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Wonosobo Tahun Ajaran 2011/2012) - Published Version
Download (35kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia SMP Muhammadiyah Wonosobo Kabupaten Wonosobo keterampilan membaca cepat pada siswa kelas VII masih belum memenuhi KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75. Faktor yang menyebabkan tingkat keterampilan siswa membaca cepat belum memenuhi KKM yaitu siswa belum bisa menyimpulkan isi bacaan. Selain faktor dari siswa, faktor guru sebagai motivator dan fasilitator bagi siswa masih kurang efektif dan maksimal dalam menggunakan metode atau pun sumber belajar untuk membelajarkan siswa dalam membaca cepat. Rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca cepat pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Wonosobo dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Wonosobo setelah mengikuti pembelajaran membaca cepat untuk menyimpulkan isi bacaan melalui metode kalimat dengan teknik skipping?. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan membaca cepat dan (2) mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Wonosobo setelah mengikuti pembelajaran membaca cepat untuk menyimpulkan isi bacaan melalui metode kalimat dengan teknik skipping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca cepat untuk menyimpulkan isi bacaan melalui metode kalimat dengan teknik skipping. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes. Instrumen tes berupa hasil tes siswa dalam membaca cepat, sedangkan instrumen nontes dalam bentuk pedoman observasi, pedoman wawancara, jurnal, dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah membaca cepat dan metode membaca kalimat dengan teknik skipping. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes membaca cepat. Pada prasiklus rerata kelas kemampuan siswa dalam membaca cepat 59,4. Hasil tes pada siklus I 66, artinya ada peningkatan 6,6 dari prasiklus ke siklus I. pada siklus II kemampuan siswa dalam membaca cepat meningkat menjadi 87,6 termasuk dalam kategori sangat baik, artinya ada peningkatan rata-rata sebesar 15,42 dari siklus I. Berdasarkan hasil nontes menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Siswa menjadi lebih semangat, antusias, senang, aktif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran membaca cepat melalui metode kalimat dengan teknik skipping. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru mata pelajaran bahasa dan satra Indonesia sebaiknya lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan metode atau pun sumber belajar dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Untuk peneliti lain di bidang bahasa dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan metode ataupun sumber belajar yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif metode pembelajaran membaca cepat pada umumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca cepat, metode kalimat, teknik skipping
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:40
Last Modified: 18 Sep 2012 01:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item View Item