Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Model Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang


Windarti, 1402408201 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Model Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Model Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi melalui Model Picture and Picture pada Siswa Kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Mata pelajaran bahasa Indonesia mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia khususnya pada keterampilan menulis. Keterampilan menulis adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengungkapkan gagasan kepada pihak lain melalui bahasa tulis. Hasil observasi awal di SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas IV. Guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan belum menggunakan media dalam pembelajaran. Siswa sering merasa bosan ketika pembelajaran berlangsung yang mengakibatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 43%. Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi tersebut dengan menerapkan model Picture and Picture. Model Picture and Picture adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan gambar, kemudian gambar tersebut diurutkan agar menjadi urutan yang logis. Gambar tersebut dapat mempermudah siswa dalam menulis karangan deskripsi, sehingga menyebabkan keantusiasan siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui model Picture and Picture. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus masing-masing siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik nontes terdiri dari observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I keterampilan guru mendapatkan rata-rata skor 2,95 yang termasuk dalam kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapat rata-rata skor 3,76 yang termasuk dalam kategori baik sekali. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa. Pada siklus I aktivitas siswa mendapat rata-rata skor 2,84 yang termasuk kategori baik, sedangkan pada siklus II mendapatkan rata-rata skor 3,35 yang termasuk dalam kategori baik. Persentase ketuntasan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa pada rata-rata siklus I yaitu 57% meningkat pada rata-rata siklus II yaitu 83%. Simpulan dari penelitian ini adalah model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SDN Pakintelan 03 Gunungpati Semarang. Saran dari peneliti, siswa diharapkan membiasakan diri menulis menggunakan ejaan dan tanda baca yang benar sehingga siswa lebih terampil menulis dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan deskripsi, model Picture and Picture, keterampilan guru, aktivitas siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:37
Last Modified: 18 Sep 2012 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item View Item