Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Sugestif melalui Pendekatan Pembelajaran Individu dengan Model Pembelajaran Pertemuan Kelas Pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus


Edo Leonardo Akbar, 2101407087 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Sugestif melalui Pendekatan Pembelajaran Individu dengan Model Pembelajaran Pertemuan Kelas Pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Sugestif melalui Pendekatan Pembelajaran Individu dengan Model Pembelajaran Pertemuan Kelas Pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi Sugestif melalui Pendekatan Pembelajaran Individu dengan Model Pembelajaran Pertemuan Kelas Pada Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan menulis paragraf narasi sugestif siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 70. Hal ini disebabkan oleh siswa kurang memahami paragraf narasi sugestif, siswa tidak bisa menuangkan ide, gagasan, dan pikirannya dengan baik. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan pembelajaran individu dengan model pembelajaran pertemuan kelas yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf narasi sugestif pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi sugestif dan (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus setelah melalui pembelajaran menulis narasi sugestif menggunakan pendekatan pembelajaran individu dengan model pembelajaran pertemuan kelas? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi sugestif, dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus setelah mendapatkan pembelajaran melalui pendekatan pembelajaran individu dengan model pembelajaran pertemuan kelas. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf narasi sugestif pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis paragraf narasi sugestif dan pendekatan pembelajaran individu dengan model pembelajaran pertemuan kelas. Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa kemampuan menulis paragraf narasi sugestif melalui pendekatan pembelajaran individu dengan model pembelajaran pertemuan kelas. Teknik nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian siklus I dan siklus II diketahui adanya peningkatan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis paragraf narasi sugestif. Hasil menulis paragraf narasi sugestif pada prasiklus sebesar 64,73 pada siklus I menjadi 65,79 meningkat sebesar 1,06. Hasil tes pada siklus II 82,10. Pada siklus I 65,79 siklus II menjadi 82,10 sehingga meningkat sebesar 16,31. Pembelajaran menulis paragraf narasi sugestif melalui pendekatan pembelajaran individu dengan model pembelajaran pertemuan kelas mampu mengubah perilaku siswa siswa kelas X-7 SMA Negeri 2 Bae Kudus dari perilaku negatif ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti mempunyai saran kepada guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya pendekatan pembelajaran individu dengan model pembelajaran pertemuan kelas bisa dijadikan alternatif karena pendekatan ini mampu meningkatkan menulis paragraf narasi sugestif. Bagi para peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa dengan model yang berbeda sehingga dapat meberikan alternatif baru untuk perkembangan pembelajaran menulis narasi sugestif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis paragraf narasi sugestif, pendekatan pembelajaran individu, model pembelajaran pertemuan kelas
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:37
Last Modified: 18 Sep 2012 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15465

Actions (login required)

View Item View Item