Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Children Learning In Science (CLIS) pada Siswa Kelas VB SD Negeri Wonosari 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.


Uswatul Hasanah, , 1402408183 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Children Learning In Science (CLIS) pada Siswa Kelas VB SD Negeri Wonosari 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Children Learning In Science (CLIS) pada Siswa Kelas VB SD Negeri Wonosari 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. ] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Children Learning In Science (CLIS) pada Siswa Kelas VB SD Negeri Wonosari 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. ) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Hasil observasi awal di kelas VB SD Negeri Wonosari 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih kurang dengan ketuntasan klasikal 42,10%. Guru dalam pembelajaran kurang melatih siswa untuk kerjasama dan taanggung jawab sehingga kurang dapat merangsang siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Children Learning in Science (CLIS) dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri Wonosari 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang pada mata pelajaran IPA? Peneliti memilih model Children Learning in Science (CLIS) untuk memecahkan masalah yang terjadi. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VB SD Negeri Wonosari 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model Children Learning in Science (CLIS). Penelitian ini menggunakan tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas VB SD Negeri Wonosari 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang sebanyak. 38 orang yang terdiri dari 22 siswa laki – laki dan 16 siswa perempuan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan model Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 26 dengan kategori baik, siklus II diperoleh skor yaitu 32,5 dengan kategori lebih baik dan siklus III skor yang diperoleh 35,5 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 20,9 dengan kategori cukup, siklus II diperoleh skor 25,1 dengan kategori baik, dan siklus III diperoleh skor 28,7 dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,05 dengan ketuntasan klasikal 60,50%, siklus II diperoleh nilai rata-rata 71,51 dengan ketuntasan klasikal 71,05%, dan siklus III diperoleh nilai rata-rata 76,85 dengan ketuntasan klasikal 84,21%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VB SD Negeri Wonosari 02 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Saran yang dapat peniliti sampaikan bagi guru adalah model Children Learning In Science (CLIS) dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lain dan di kelas lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, Model CLIS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:14
Last Modified: 18 Sep 2012 01:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15462

Actions (login required)

View Item View Item