Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif tipe STAD Berbasis Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN Karangayu 01 Semarang


Saryanti, 1402408179 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif tipe STAD Berbasis Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN Karangayu 01 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif tipe STAD Berbasis Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN Karangayu 01 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA melalui Model Kooperatif tipe STAD Berbasis Lingkungan pada Siswa Kelas V SDN Karangayu 01 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Pembelajaran yang dilakukan guru belum pernah menerapkan model pembelajaran berkelompok. Hal ini ditunjukan dari 37 siswa, 22 siswa (58 %) mendapat nilai dibawah KKM yaitu ≥ 61 dan 16 siswa (42 %) diatas KKM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Karangayu 01 Semarang? Tujuan penelitian ini meningkatkan kualitas pembelajaran siswa pada pelajaran IPA kelas V SDN Karangayu 01 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan dua pertemuan tiap siklus dan masing-masing siklus yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Karangayu 01 Semarang, dengan jumlah siswa 37 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Variabel penelitian ialah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan dan dokumen dianalisis dengan cara analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh data pada siklus I keterampilan guru mendapat skor rata-rata 23 dengan kategori baik dan meningkat menjadi skor 28 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Aktivitas siswa meningkat dari rata-rata skor 16,7 dengan kategori baik pada siklus I menjadi rata-rata skor 23,05 dengan kategori sangat baik pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat dari 75,67% atau 28 siswa dari 37 siswa pada siklus I menjadi 977,30% atau 36 dari 37 siswa siswa pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian melalui model kooperatif tipe STAD berbasis lingkungan dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Saran yang direkomendasikan berdasar hasil penelitian dalam melaksanakan suatu pembelajaran guru diharapkan mengetahui karakteristik siswa, dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, pembentukan kelompok secara heterogen dan siswa hendaknya berperan aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPA, STAD, berbasis lingkunga
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:11
Last Modified: 18 Sep 2012 01:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15461

Actions (login required)

View Item View Item