Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Role Playing Pada Siswa Kelas VB SDN Wonosari 03 Semarang


Anis Silfiyah, 1402408133 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Role Playing Pada Siswa Kelas VB SDN Wonosari 03 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Role Playing Pada Siswa Kelas VB SDN Wonosari 03 Semarang] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Melalui Model Role Playing Pada Siswa Kelas VB SDN Wonosari 03 Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Hasil observasi awal pada kegiatan pembelajaran di kelas V SDN Wonosari 03 Semarang terdapat permasalahan guru kurang melibatkan siswa dalam pembelajaran, siswa kesulitan dalam memahami penjelasan guru yang kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran dan media serta alat peraga kurang optimal. Rumusan dalam penelitian ini adalah: apakah dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn akan meningkat?. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran PKn melalui model Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran Role Playing dengan menggunakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SDN Wonosari 03 semarang. Tenik pengumpulan data menggunakan observasi/pengamatan, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 2,8 dengan kualifikasi baik, pada siklus II meningkat dengan skor rata-rata 3,4 dengan kualifikasi sangat baik dan pada siklus III meningkat dengan skor rata-rata 3,7 dengan kualifikasi sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 2,35 dengan kualifikasi baik, pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor rata-rata 2,7 dengan kualifikasi baik dan pada siklus III meningkat dengan memperoleh skor rata-rata 3,3 dengan kualifikasi sangat baik. (3) Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 71,71 dengan persentase 71,42% siswa tuntas belajar, siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 75,71 dengan persentase 77,14% siswa tuntas belajar dan siklus III hasil belajar siswa mendapat nilai rata-rata 81 dengan persentase 85,71% siswa tuntas belajar. Ini menunjukan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus III ≥80% sehingga dinyatakan berhasil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktifitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Saran dari penelitian ini adalah: Penerapan model pembelajaran Role Playing dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Playing, kualitas pembelajaran dan PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 01:08
Last Modified: 18 Sep 2012 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item