Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SDN Purwoyoso 01


Epri Nurrohman, , 1402408091 (2012) Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SDN Purwoyoso 01. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SDN Purwoyoso 01] Microsoft Word (Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas V SDN Purwoyoso 01) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Hasil observasi awal peneliti pada pembelajaran IPA kelas V SDN Purwoyoso 01 menemukan permasalahan, yaitu guru kurang variatif dalam kegiatan pembelajaran, guru cenderung mendominasi kegiatan pembelajaran (teacher centered), siswa kurang aktif dan antusias pada saat kegiatan pembelajaran, siswa kurang percaya diri dan berani dalam menyampaikan pendapat serta kurang memiliki tanggung jawab terhadap tugasnya, sehingga sebanyak 17 dari 29 siswa atau 58,62% siswa tidak tuntas dalam ulangan harian mata pelajaran IPA. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut peneliti menetapkan akan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Purwoyoso 01?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas V SDN Purwoyoso 01. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, terdiri dari tiga siklus penelitian dengan enam pertemuan pembelajaran. Setiap siklus penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas V SDN Purwoyoso 01. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 23,5 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 28,5 dengan kategori baik dan pada siklus III memperoleh skor 33 dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 16,75 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 19,70 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh skor 22,50 dengan kategori baik. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas 67,3 dengan persentase ketuntasan 66,7%. Siklus II memperoleh nilai rata-rata kelas 71,7 dengan persentase ketuntasan 76,7%, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata kelas 80,3 dengan persentase ketuntasan 86,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA kelas V SDN Purwoyoso 01. Saran bagi guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan suatu proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, Model pembelajaran NHT.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 18 Sep 2012 00:24
Last Modified: 18 Sep 2012 00:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15453

Actions (login required)

View Item View Item