Efek Hipoglikemik Ekstrak Biji Koro Benguk pada Tikus Putih Diabetik Induksi Aloksan


Iftitahurrohmah Amalia, 4450405011 (2012) Efek Hipoglikemik Ekstrak Biji Koro Benguk pada Tikus Putih Diabetik Induksi Aloksan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efek Hipoglikemik Ekstrak Biji Koro Benguk pada Tikus Putih Diabetik Induksi Aloksan] Microsoft Word (Efek Hipoglikemik Ekstrak Biji Koro Benguk pada Tikus Putih Diabetik Induksi Aloksan) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Diabetes Mellitus diakibatkan oleh kekurangan hormon insulin sehingga terjadi gangguan pada sistem metabolisme tubuh. Penanggulangan penyakit diabetes biasanya digunakan suntik insulin dan konsumsi obat-obatan antidiabetika oral. Penggunaan tanaman sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit diabetes telah banyak dilakukan penelitian. Koro benguk merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk penyakit diabetes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji efek ekstrak biji koro benguk dalam menurunkan kadar glukosa darah tikus putih diabetik induksi aloksan. Penelitian menggunakan metode Pre-Post Test Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 14 tikus putih (Rattus norvegicus) diabetik induksi aloksan. Sampel dikelompokkan menjadi 4 kelompok yaitu kelompok kontrol, perlakuan ekstrak biji koro benguk dosis 250 mg/kgBB, 500 mg/kgBB dan 1000 mg/kgBB. Perlakuan dilakukan selama 15 hari kemudian diukur glukosa darah masing-masing kelompok. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA satu jalan dengan jumlah sampel yang berbeda pada taraf kepercayaan 95 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dengan ekstrak biji koro benguk dosis 250 mg/kgBB, 500 mg/kgBB dan 1000 mg/kgBB tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap penurunan kadar glukosa darah tikus putih. Dengan demikian, maka hipotesis ditolak. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dalam penelitian ini disimpulkan bahwa ekstrak biji koro benguk tidak dapat menurunkan kadar glukosa darah tikus putih diabetik induksi aloksan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: koro benguk, diabetes mellitus, glukosa darah
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Sep 2012 00:56
Last Modified: 14 Sep 2012 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item