Pengaruh Model Cooperative Class Experiment (CCE) Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA Topik Reaksi Redoks
Fajar Mahda Akhmad Sa’idun, 4301408024 (2012) Pengaruh Model Cooperative Class Experiment (CCE) Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA Topik Reaksi Redoks. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Model Cooperative Class Experiment (CCE) Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA Topik Reaksi Redoks)
- Published Version
Download (29kB) |
Abstract
Pencapaian kompetensi kimia di SMAN 5 Semarang masih rendah, hal ini karena pendekatan pembelajaran dengan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Cooperative Class Experiment (CCE) tipe Team Games Tournament (TGT) pada KBK dan Hasil Belajar siswa SMA topik reaksi redoks. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan menghasikan siswa kelas X8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dokumentasi, tes dalam bentuk pilihan ganda dan essay berupa open-ended questions serta observasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil analisis data tes KBK yaitu pencapaian kelima subindikator KBK pada kelas eksperimen dengan rata-rata 73,75% yang berarti siswa dapat mengembangkan KBK dengan kriteria baik, sedangkan kelas kontrol dengan rata-rata 64,68% dalam kriteria KBK cukup. Dari hasil analisis, diperoleh rb 0,51 dengan besarnya kontribusi 26,29%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Model Cooperative Class Experiment (CCE) Tipe Team Games Tournament (TGT) berpengaruh pada KBK dan hasil belajar siswa SMAN 5 Semarang pada pokok materi redoks dengan kontribusi sebesar 26,29%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Class Experiment (CCE) Tipe Team Games Tournament (TGT), Keterampilan Berpikir Kritis (KBK), Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 14 Sep 2012 00:52 |
Last Modified: | 14 Sep 2012 00:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15430 |
Actions (login required)
View Item |