Keefektifan Learning Cycle 5E Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Ungaran Pada Materi Dimensi Tiga


Hidayatur Rohmah, 4101408175 (2012) Keefektifan Learning Cycle 5E Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Ungaran Pada Materi Dimensi Tiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Learning Cycle 5E Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Ungaran Pada Materi Dimensi Tiga] Microsoft Word (Keefektifan Learning Cycle 5E Berbantuan Software Cabri 3D Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X SMAN 2 Ungaran Pada Materi Dimensi Tiga) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan software Cabri 3D terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi dimensi tiga. Keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan software Cabri 3D ditunjukkan: (1) peserta didik yang diberi pelajaran dengan model learning cycle 5E berbantuan software Cabri 3D pada materi dimensi tiga mencapai ketuntasan belajar pada aspek kemampuan pemecahan masalah, (2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diberi pelajaran dengan model learning cycle 5E berbantuan software Cabri 3D lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA N 2 Ungaran. Melalui teknik cluster random sampling, diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model learning cycle 5E berbantuan software Cabri 3D dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan software Cabri 3D efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi dimensi tiga. Hal ini dapat ditunjukkan dengan (1) peserta didik yang diberi pelajaran dengan model learning cycle berbantuan software Cabri 3D mencapai ketuntasan belajar pada aspek kemampuan pemecahan masalah; (2) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diberi pelajaran dengan model learning cycle 5E berbantuan software Cabri 3D lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada kelas kontrol. Saran dari peneliti adalah (1) agar pelaksanaan pembelajaran learning cycle 5E berjalan efektif guru perlu memberikan batasan waktu dalam pelaksanaan setiap tahapan pembelajarannya; dan (2) pada tahap extend guru hendaknya lebih mengoptimalkan pembahasan soal pemecahan masalah agar kemampuan pemecahan masalah peserta didik lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 5E, Cabri 3D, Pemecahan Masalah, Dimensi Tiga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Sep 2012 00:46
Last Modified: 14 Sep 2012 00:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15427

Actions (login required)

View Item View Item