Keefektifan Model Pembelajaran Van Hiele Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Materi Segiempat


Ika Puspita Sari, 4101408133 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Van Hiele Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Materi Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Van Hiele Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Materi Segiempat] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Van Hiele Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geometri Materi Segiempat) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia mengajak peserta didik langsung berhadapan dengan dunia nyata, menghubungkan matematika dengan benda-benda real. Dengan perpaduan model pembelajaran Van Hiele peserta didik belajar dan berkreasi dengan cara mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Van Hiele berbasis pendidikan matematika realistik Indonesia dan pendidikan karakter, apakah dengan pembelajaran tersebut hasil belajar geometri peserta didik bisa meningkat dan mencapai ketuntasan belajar, serta apakah terdapat pengaruh antara aktivitas belajar dan sikap peserta didik terhadap hasil belajar geometri peserta didik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kebonagung tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes yang kemudian dianalisis dengan uji proporsi, dan uji t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan ketuntasan belajar peserta didik, serta uji regresi untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dan sikap peserta didik terhadap hasil belajar peserta diidk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar geometri peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran teori Van Hiele berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan pendidikan karakter lebih baik daripada hasil belajar peserta didik pada pembelajaran ekspositori. (2) Hasil belajar geometri peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran Van Hiele berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan pendidikan karakter mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). (3) Terdapat pengaruh yang positif antara aktivitas belajar dan sikap peserta didik dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Van Hiele berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pendidikan karakter terhadap hasil belajar geometri peserta didik. Dari hasil penelitian ini disarankan model pembelajaran Van Hiele berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dan pendidikan karakter dapat disosialisasikan sebagai suatu alternatif untuk dapat meningkatkan hasil belajar geometri khususnya pada materi pokok segiempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar geometri, model pembelajaran Van Hiele, Pendidikan Karakter, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Sep 2012 00:43
Last Modified: 14 Sep 2012 00:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15426

Actions (login required)

View Item View Item